Keseruan Hari Tari Dunia 2023 di Yogyakarta

id tarian,Hari Tari Dunia,Yogyakarta

Keseruan Hari Tari Dunia 2023 di Yogyakarta

Warga membawakan tarian Jaranan saat acara Jogja Menari 2018 di Alun-Alun Utara, Yogyakarta, Minggu (23/12/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pras.

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 450 seniman tari lintas generasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bakal menyemarakkan gelaran Jogja Joged (Joged) untuk memperingati Hari Tari Dunia 2023 di provinsi ini pada Sabtu 29 April 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakshmi Pratiwi dalam keterangannya di Yogyakarta, Kamis, mengatakan selain penari lokal, seniman mancanegara asal Jepang, Ekuador, dan Jerman, juga bakal bersedekah tarian dengan mengusung tema kearifan lokal.

"Momen luar biasa bagi DIY ini bertujuan menjadi ajang silaturahmi seniman tari, sekaligus menguatkan dan meyakinkan diri, komunitas, dan kita selaku area wilayah budaya," katanya. 

Sebagai salah satu kota budaya sekaligus bagian dari masyarakat tari dunia, lanjutnya, Yogyakarta perlu melakukan apresiasi perayaan Hari Tari Internasional tersebut.

"Seni tari menjadi bagian yang penting serta berkontribusi meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan di DIY," ujar Dian.

Jogja Joged 2023 akan dipusatkan di Kabupaten Kulon Progo setelah sebelumnya digelar di Kota Yogyakarta pada 2021 dan Bantul pada 2022.

"Banyak tokoh-tokoh besar alias para maestro tari akan berkolaborasi terlibat nantinya," ujar dia.