PDAM Tirta Raja OKU perbaiki pompa intake terbakar

id Optimalisasi distribusi air bersih, pompa intake, pelanggan PDAM, PDAM Tirta Raja

PDAM Tirta Raja OKU perbaiki pompa intake terbakar

Petugas PDAM Tirta Raja OKU berjibaku memperbaiki jaringan air bersih pelanggan agar kembali normal, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memperbaiki pompa intake di Unit IPA Tanjung Agung yang terbakar agar tidak mengganggu operasional distribusi air bersih pelanggan di daerah itu.

"Kebakaran pada pompa intake ini terjadi pada Senin (12/12) petang," kata Direktur PDAM Tirta Raja, Kabupaten OKU, Abi Kusno di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, salah satu pompa distribusi air bersih di Unit IPA Tanjung Agung tersebut terbakar akibat faktor usia sehingga layak diganti.

"Hanya saja saat ini kami keterbatasan anggaran untuk mengganti pompa baru sehingga sementara waktu dilakukan perbaikan saja agar suplai air bersih pelanggan kembali lancar," katanya.

Dalam melakukan perbaikan pihaknya mengerahkan satu tim berjumlah lebih dari 10 orang yang berjibaku memperbaiki pompa mengingat kerusakan terjadi cukup parah.

Selama proses pengerjaan, kata dia, terdapat beberapa wilayah yang mengalami gangguan distribusi air bersih meliputi Desa Pusar, Laya, Tanjung Agung, Saung Naga, Kebun Jeruk, Jalan Akmal dan Talang Jawa.

Kemudian, lanjutnya, Kelurahan Air Gading, Desa Air Paoh, Jalan Pangeran Hajib, Jalan Dr Sutomo, Kebun Jeruk, Pahlawan Kemarung dan sebagian wilayah di Kecamatan Baturaja Timur lainnya.

"Untuk estimasi perbaikan diprediksi berlangsung selama tiga hari ke depan mengingat tingkat kerusakannya cukup parah," jelasnya.

Selama itu pula, ia mengimbau kepada seluruh pelanggan PDAM khususnya di wilayah yang terdampak gangguan untuk menghemat penggunaan air bersih hingga perbaikan selesai dilakukan petugas di lapangan.

"Setelah perbaikan selesai, suplai air bersih pelanggan dipastikan akan kembali normal, bahkan lebih maksimal dari sebelumnya," tegasnya.