271 peserta ikuti Kejurnas Catur Junior di Belitung

id catur,kejurnas catur junior,catur junior,percasi

271 peserta ikuti Kejurnas Catur Junior di Belitung

Kejurnas Catur Junior V Tahun 2021 yang digelar oleh PB Percasi di hotel Bahamas, Belitung. ANTARA/Kasmono

Belitung, Babel (ANTARA) - Sebanyak 271 peserta mengikuti Kejuaraan Nasional Catur Junior V Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar (PB) Percasi di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 20-26 November 2021.

"Kejuaran ini juga menjadi ajang pembibitan pecatur junior untuk dilakukan pembinaan," kata Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, Kejurnas Catur Junior V 2021 tersebut diikuti sebanyak 27 peserta yang berasal dari 27 Provinsi dengan memperlombakan kelompok usia, mulai dari tujuh sampai 19 tahun kategori putra dan putri.

Dia pun berharap Kejurnas tersebut dapat melahirkan para juara atau bintang, yang selanjutnya akan dibina oleh PB Percasi untuk mengikuti kejuaraan lainnya.

"Bagi mereka yang berhasil menjadi juara I, II dan III, baik kategori putra dan putri akan dikirim oleh PB Percasi ke turnamen di Asean," ujar Utut.

Dalam Kejurnas tersebut, PB Percasi juga menghadirkan dua orang Grand Master (GM), yakni Irene Kharisma Sukandar dan Grand Master Ruslan Scherbakov yang akan memberikan "coaching clinic" atau pelatihan kepada para pecatur junior dan pelatih.

"Selain itu, dalam kesempatan ini kami juga menggelar Rakernas PB Percasi tahun 2021 dan pelatihan wasit serta pelatih," ungkap Utut.