Dinas PPKB Palembang tingkatkan pengendalian pertumbuhan penduduk

id tingkatkan pengendalian pertumbuhan penduduk,dinas PPKB Palembang, penegndalian laju pertumbuhan penduduk, pertumbuhan p

Dinas PPKB Palembang tingkatkan pengendalian  pertumbuhan penduduk

Ilustrasi - Kampung KB

Palembang (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 2020 berupaya lebih meningkatkan kegiatan pengendalian laju pertumbuhan penduduk untuk mencegah timbulnya berbagai permasalahan sosial dan ekonomi.

"Untuk meningkatkan pengendalian laju pertumbuhan penduduk, dilakukan pengembangan program kemitraan siaga kependudukan yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir," kata Kepala Dinas PPKB Palembang Edwin Effendi di Palembang, Rabu.

Melalui pengembangan program kemitraan siaga kependudukan itu, diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian laju pertumbuhan penduduk.

Selain itu, diharapkan semua elemen masyarakat berperan aktif membantu kegiatan pengendalian laju pertumbuhan penduduk serta menciptakan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Menurut dia, pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dapat menimbulkan berbagai permasalahan sosial dan ekonomi di suatu daerah

Untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di Ibu Kota Provinsi Sumsel itu, katanya, diperlukan dukungan dari semua pihak dan elemen masyarakat karena tidak mungkin bisa dilakukan pihaknya sendirian yang memiliki keterbatasan tenaga dan dana.

Selain mengembangkan program kemitraan siaga kependudukan, pihaknya juga berupaya meningkatkan jumlah Kampung Keluarga Berencana (KB) dengan target paling tidak ada satu Kampung KB di setiap kelurahan.

"Hingga akhir 2019 lalu baru ada 18 Kampung KB, pembangunan kampung tersebut akan terus dilakukan terutama di kawasan permukiman berpenduduk padat," ujarnya.

Dengan pengembangan Kampung KB di wilayah kota yang memiliki 107 kelurahan dan 18 kecamatan itu, diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan sosialisasi, pembinaan, dan pelayanan KB bagi warga Palembang.

Untuk mengembangkan Kampung KB, selain menggunakan anggaran Dinas PPKB Palembang, pihaknya juga berupaya menggandeng sejumlah mitra dan kelompok masyarakat yang peduli dengan program KB.