Menag ajak Kemenag perkuat kerukunan umat beragama

id Gubernur,umat islam, kerukunan umat beragama,Herman Deru,gubernur sumsel,kemenag sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemba

Menag ajak Kemenag perkuat kerukunan  umat beragama

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Humas Kemenag Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Menteri Agama Fachrul Razi mengajak jajaran Kementerian Agama untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama

Kerukunan Umat beragama merupakan modal untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional, kata Menteri Agama dalam sambutannya yang disampaikan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di Palembang, Jumat.

Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat, ujar dia.

Menurut menteri, ada enam hal yang harus diperhatikan jajaran Kementerian Agama. Pertama memahami sejarah Kemenag serta regulasi, tugas dan fungsi dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kemenag di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan. Ketiga, menanamkan selalu bahwa bekerja sebagai ibadah dan melayani masyarakat sebuah kemuliaan.

Sementara keempat memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan segenap elemen masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, selanjutnya, merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan, dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang memperhatikan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Sementara yang terakhir mengimplementasikan visi dan misi pemerintah dalam program kerja Kemenag di semua unit kerja pusat, daerah, dan perguruan tinggi keagamaan.

Sehubungan itu diminta segenap aparatur Kemenag untuk memberikan seluruh kemampuan untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kemenag,” tegasnya.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi ditemui usai apel mengaku bersyukur dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Agama telah meraih sejumlah capaian dalam reformasi birokrasi, seperti tercermin antara lain dari kenaikan penilaian mandiri reformasi birokrasi.

Selain itu juga indeks kepuasan publik atas pelayanan haji dan pencatatan nikah yang terus meningkat, tambah dia.