Modifikasi motor "Kedux Garage" borong penghargaan

id Pemkot Denpasar, modifikasi motor kedux garage

Modifikasi motor "Kedux Garage" borong penghargaan

Modifikasi motor "Kedux Garage" borong penghargaan "Kustomfest 2019". (Antaranews/Komang Suparta/IST/2019)

Denpasar (ANTARA) - Sosok Komang Gede Sentana Putra asal Kota Denpasar, Bali sukses menorehkan prestasi nasional dengan meraih penghargaan dalam ajang "Kustomfets 2019" di Yogyakarta.

Sentana Putra yang akrab dipanggil Kedux di Denpasar, Selasa, mengatakan pelaksanaan Kustomfest yang diselenggarakan di Yogyakarta pekan lalu diikuti builder dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan dengan label "Kedux Garage" berhasil memborong penghargaan, antara lain "Best Power Plant Motor Cycle’s Pick, Best Luck Mc’s Pick, Best Vibes Magazine’s Pick, Best Kuala Lumpur Bike Week’s Pick, Best Mooneyes Spain’s Pick, Champion Kustom Bike Show Mainclass American Chopper & Bobber, dan Best Of The Show".

Dalam perhelatan tersebut motor bergaya Bobber yang menggunakan basis mesin Harley-Davidson yang dikerjakan dari tangan terampil Kedux berhasil sebagai "Best Kustom Bike Show".

Kedux mengatakan motor-motor karya Shinya Kimura menjadi inspirasinya serta sangat memiliki ciri khas. Dan hal ini yang coba diterapkan pada motor yang dibangun sejak Maret lalu tersebut.

Baca juga: "Custom motor" karya pemuda Bandung tembus pasar Internasional

"Motor ini terinspirasi dari style-nya Shinya Kimura. Karena bukan style (gaya) saya, jadi saya mesti masuk ke dunianya Shinya Kimura gimana cara supaya ketemu feeling-nya, serta agar mesinnya bisa matching dengan aksesori. Untuk aksesori saya berusaha tampil beda, tapi komposisi kepingin semirip-miripnya," ujarnya.

Kedux menjelaskan bahwa ciri khas motornya adalah Kimura lebih rendah, sudut rake-nya agak ke depan, yang umumnya 30 derajat dia 38 derajat, sehingga memiliki karakter yang sangat kuat dan berbeda. Sehingga karya-karya Shinya Kimura dari rumah modifikasi Chabott Engineering menjadi inspirasinya dalam menggarap motor kustom dengan desain klasik tersebut.

Dalam proses penggarapannya, Kedux mengerjakan sendiri, namun ada beberapa bagian yang dikerjakan oleh rekanannya.

Baca juga: Michelin buka kompetisi modifikasi sepeda motor

Kedux mengatakan bahwa motor ini 80 persen handmade, jok dibuat oleh pengrajin kulit di Bali dan proses casting aluminium untuk aksesori dibantu David dari Jogja. Spesifikasi HD Bobber dijelaskan di antaranya Frame adalah Custom Rigid Gooeseneck Frame by Kedux Garage, Engine: S&S Pan Shovel 93 Cl, Transmission: Gearbox Baker 6 Speed in to Four, Primary BDL Custom by Kedux Garage, Wheel: 19x250 Stock (Depan), 16x300 Stock (Belakang), Tire: Firestone 19x400 (Depan), dan 16x500 (Belakang).

Sedangkan Suspension: Springer Zero (Depan), Rigid (belakang), Brake: Drum Brake Stock (depan), Genuine Stock (belakang), Pipe/Exhaust: Custom by Kedux Garage, Material Bilwell Pipe, Body Work & Painting: Body Work Kustom by Kedux Garage, Material Aluminium, Other Parts & Accessories: Seat custom, Electrical Stock with Morris 65 Magneto, Headlamp Old Stock & Rear Lamp Stock, MID Control by Kedux Garage, Stainless Bolt.

Awal penggarapannya Kedux mengira motor karyanya ini tidak memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Namun setelah dicoba dikendarai ternyata motor bergaya Bobber yang dirakit di bengkelnya beralamat di Jalan Nangka Selatan Gang II Nomor 7 Denpasar sangat nyaman dikendarai.

"Tangan dan pinggang tidak pegal. Jika dilihat memang motor ini sangat ekstrim banget, tapi kalau dikendarai nyaman sekali. Kalau enggak percaya silakan dicoba," ujar Kedux sembari menunjukan motor yang dimodifikasi tersebut.

Baca juga: Para builder motor modifikasi Bali "bertempur" akhir pekan ini