OKU Timur peringati Hari Keluarga Nasional

id Harganas,Bkbbn,Oku timur

OKU Timur peringati Hari Keluarga Nasional

Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi ada peringatan Harganas di Martapura, Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Selasa (27/8). (Antara News Sumsel/JokoWiyanto/19)

Palembang (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memperingati Hari Keluarga Nasional ke-26 di Martapura, Selasa (27/8).

Bupati OKU Timur Kholid Mawardi mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan ajang untuk menggelorakan dan menyosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No 39 Tahun 2014  tentang Harganas  diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni 2019.

Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

"Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi," kata dia.

Dalam sambutannya, Kholid mengatakan Pemerintahan Kabupaten OKU Timur mewujudkan sinergitas dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat guna membentuk keluarga yang berkualitas sehat dan sejahtera.

Selain memperingati Hari Harganas yang ke-26, BKKBN Kabupaten OKU Timur bekerja sama dengan pemerintahan Desa Srikaton  menyelengarakan pembuatan KTP, KK, BPJS, pengobatan gratis serta bazaar yang menjual berbagai makanan hasil daerah.

Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh BKKBN bekerja sama Pemerintah Desa Srikaton dan TNI untuk membangun sinergitas agar membentuk keluarga yang berkualitas dan sehat. 

Sementara itu, Kepala Desa Srikaton Yoni Bakti mengatakan warganya sangat gembira karena mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

"Tentunya warga sangat senang, karena dalam perayaan Harganas ini ada kegiatan pelayanan masyarakat," kata dia.