Goa Harimau situs tertua di Sumsel

id goa harimau,obejk wisata,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,objek wisata di oku,objek wisata di Sumsel

Goa Harimau situs tertua di Sumsel

Tim Arkeolog lakukan penelitian kerangka manusia di Goa Harimau Baturaja, Senin (ANTARA News Sumsel/E Permana)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Objek wisata Goa Harimau dan Goa Putri di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan merupakan situs tertua yang ada di Sumsel, bahkan keberadaannya sudah ada sejak lebih dari 11 ribu tahun silam.

"Situs pra sejarah manusia purba di Goa Putri dan Goa Harimau masih menjadi situs yang paling tua di Sumatera Selatan," kata tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Sri saat menggelar Pameran Cagar Budaya yang bertajuk Jejak Silam Sarat Makna digelar di Kabupaten Ogan Komering Ulu di Baturaja, Sabtu.

Bahkan disinyalir Goa Harimau yang dihuni dua ras yakni ras Austronelanesoid dan Mongoloid tersebut sudah ada lebih dari 11 ribu tahun sebelum berakhirnya zaman es pada masa itu.

Dikatakan Sri, dilaksanakannya pameran cagar budaya di Kabupaten Ogan Komering Ulu tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan minat warga setempat akan suatu kebudayaan.

"Karena potensi kebudayaan suatu daerah bisa menjadi identitas suatu daerah itu sendiri," katanya.

Selain itu lanjutnya, pameran tersebut juga dilaksanakan mengingat belum banyak masyarakat yang mengetahui suatu peninggalan sejarah.

"Umumnya warga Ogan Komering Ulu yang selama ini hanya mengetahui jenis tarian, namun untuk wisata belum banyak tahu. Makanya kami menggelar pameran ini dan alhamdulillah pengunjungnya cukup banyak," ungkapnya.

Sementara itu, Jannah salah seorang siswi SMA Negeri 1 Ogan Komering Ulu saat mengunjungi pameran kebudayaan mengatakan jika dirinya mendapatkan pengetahuan yang lebih dengan datang dan berkunjung ke pameran tersebut.

"Di pameran ini kami mendapatkan pengetahuan lebih tentang kebudayaan yang ada di kota kelahiran kami ini," ujarnya.