Sumsel akan restorasi lahan gambut tujuh Kabupaten

id gambut,berita sumsel,berita palembang,Iklim Najib Asmani,Najib Asmani,Staf khusus Gubernur Sumatera Selatan,Sumsel Maju

Sumsel akan restorasi lahan gambut tujuh Kabupaten

Kebakaran lahan gambut di Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan merestorasi lahan gambut di tujuh kabupaten di provinsi tersebut supaya memiliki nilai ekonomis.

Staf khusus Gubernur Sumatera Selatan Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Selasa, mengatakan, tujuh kabupaten yang menjadi sasaran restorasi itu di antaranya adalah Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin.

Selanjutnya Kabupaten Musi Banyuasin, Musirawas dan Penungkal Abad Lematang Ilir.

Sementara itu target restorasi sendiri adalah ratusan hektare yang wilayahnya tersebar di kabupaten sasaran tersebut, kata Ketua Tim Restorasi Gambut Sumsel itu.

Dia mengatakan, restorasi itu penting terutama untuk melestarikan hutan atau lingkungan.

Bukan itu saja, restorasi juga untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di provinsi yang banyak terdapat lahan gambut tersebut, ujar dia.

Menurut dia dengan restorasi hutan menjadi hijau sekaligus dapat menambah perekonomian masyarakat bila dikelola secara baik.

Yang jelas restorasi gambut untuk mendukung kedaulatan pangan berkelanjutan, kata dia.

Dia mengatakan, selain itu restorasi lahan gambut membawa Sumsel Maju untuk Semua dengan pembangunan yang berwawasan lingkungan sesuai dengan visi misi Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya.

Kepala Badan Restorasi Gambut Nazir Fuad saat rapat koordinasi lalu mengatakan, Sumsel memang salah satu provinsi menjadi sasaran restorasi lahan gambut.

Hal ini karena Sumsel memiliki lahan gambut luas sehingga perlu dilestarikan terutama untuk pertumbuhan ekonomi, tambah dia.