Landasan keropos, jembatan ampera akan diangkat 3 cm

id jembatan ampera,ampera,keropos,kota palembang

Landasan keropos, jembatan ampera akan diangkat 3 cm

Jembatan ampera Palembang,Sumsel,Senin (23/7). ( ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Balai Besar Jalan Negara (BBJN) Wilayah V akan mengagendakan mengangkat jembatan ampera  setinggi 3 cm lantaran landasan yang sudah keropos. 

"Landasan jembatan ampera ini sudah keropos, untuk mempertahankan kekokohannya akan diangkat 3 cm dan maintenance icon khas Palembang ini harus segera dilakukan," ujar  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metropolis BBJN Wilayah V, Suwarno, Rabu.

Pelaksanaan ini akan dilakukan pada tahun 2019, setidaknya mengganti dua landasan ampera ya g keropos. Dari 32 landasan jembatan yang akan diganti landasan 4 dan 5.

"Sekarang kami sudah memproteksi jembatan mencegah kerusakan yang lebih parah," ungkapnya. 

Dia mengatakan penyebab dari keroposnya landasan jembatan itu karena air hujan. Memang tidak mempengaruhi struktur jembatan tapi saat landasan keropos itu akan mempengaruhi keseimbangan landasan lainnya.

Dijelaskannya, pemasangan dudukan akan dilakukan selama satu bulan. Ia memastikan tidak akan ada penutupan jembatan atau pengalihan arus. Pihaknya akan memasang plat baja sehingga kendaraan masih nyaman melalui jembatan.

"Pengerjaan akan dilakukan pada Agustus atau September tahun depan. Biayanya 1 landasan itu Rp1 miliar, yang mahal itu biaya angkat sekitar Rp6 miliar. Sedangkan anggaran untuk jembatan ampera tahun ini sebanyak Rp17 miliar, sedangkan tahun lalu Rp23 miliar," katanya.