DPRD usulkan perluasan terminal di Kabupaten Ogan Ilir

id komisi iv dprd sumsel,komisi iv,dprd,terminal,terminal ogan ilir,perluasan terminal

DPRD usulkan perluasan terminal di Kabupaten Ogan Ilir

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati (kanan) bersama anggota Komisi IV DPRD meninjau pembangunan jembatan musi VI Palembang. (ANTARANews Sumsel/Susilawati/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Komisi IV DPRD Sumatera Selatan akan mengusulkan ke pemerintah provinsi setempat untuk memperluas bangunan terminal di Kabupaten Ogan Ilir sehingga bisa efektif untuk lalu lintas kendaraan berbadan besar.

"Kami akan mengusulkan supaya terminal itu segera diperluas agar pemanfaatannya bisa efektif," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan RA Anita Noeringhati usai meninjau terminal tersebut di Palembang, Senin.

Menurut dia, terminal di Ogan Ilir itu kini pengelolaannya sudah diserahkan ke provinsi, sebelumnya dikelola Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

Setelah diserahkan dari luasan lahan terminal itu dibagi dua, provinsi diberikan separuh dari luas terminal tersebut.

"Kalau kita lihat terminalnya masih seperti itu, tidak efektif, karena kendaraan bisa masuk hanya satu sisi saja yaitu dari arah Lampung, sedangkan dari Muaraenim tidak bisa masuk, karena terlalu sempit aksesnya," katanya.

Jika terminal itu diperluas, lanjutnya kendaraan dari lintas timur dan lintas Sumatera bisa masuk semua, sebab sekarang tidak bisa lagi, karena sudah dipagar oleh Pemkab Ogan Ilir.

Wakil rakyat itu menuturkan, pihaknya akan mengusulkan untuk segera dianggarkan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2019.

"Kami akan usulkan untuk segera dianggarkan DED di APBD induk tahun 2019 sehingga pengelolaan terminal itu efektif," katanya.