Legislator sebut UMP Sumsel Rp2,5 juta sudah layak

id UMP sumsel Rp2,5 juta, ump, legislator nilai ump, Rizal Kenedi, anggota komisi iv dprd, upah minimum pekerja, pekerja

Legislator sebut UMP Sumsel Rp2,5 juta sudah layak

Rizal Kenedi (ANTARA Sumsel/Susilawati/16)

....Kalau kami melihatnya sudah cukup layak, walaupun belum bisa memenuhi harapan dan keinginan....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan Rizal Kenedi menilai Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumsel 2018 yang bakal ditetapkan sebesar Rp2,5 juta itu sudah cukup layak.

"Kalau kami melihatnya sudah cukup layak, walaupun belum bisa memenuhi harapan dan keinginan," kata Rizal Kenedi menanggapi UMP Sumsel 2018 yang bakal ditetapkan Rp2,5 juta di Palembang, Kamis.  

Menurut dia, penetapkan UMP Sumsel 2018 itu tentunya sudah dikaji dan dibahas oleh dewan pengupahan dan instansi terkait lainnya.

Dengan kondisi perekonomian yang terjadi saat ini, di satu sisi untuk Palembang sudah cukup, apalagi dengan melihat perkembangan harga cukup tinggi.

"Kalau UMP itu hanya untuk gaji saja, saya pikir sudah cukup, tetapi perusahaan juga agar memenuhi kewajiban memasukkan pekerja dalam program kepeserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan," ujar wakil rakyat tersebut.

Kemudian lanjutnya, kalau memang karyawan itu bekerja di luar kota, tentunya harus memberikan fasilitas tempat tinggal. Kemudian kalaupun mereka tinggal di Kota Palembang tentunya untuk menuju lokasi ke luar kota itu disiapkan fasilitasnya, jadi UMP sebesar Rp2,5 juta itu gaji bersih yang diterima, tuturnya.

Ia berharap, hak-hak karyawan itu harus dipenuhi oleh perusahaan dan pihak dinas tenaga kerja juga agar turun ke bawah untuk mengecek apakah perusahaan sudah memberlakukan peraturan yang sudah ditetapkan.

Karena, terkadang masih ada saja yang tidak mematuhi itu seperti karyawan toko-toko sekitar Palembang, karena itu diharapkan pihak Disnaker melakukan pengawasan ke lapangan, katanya.