Jalan ke kebun raya Sumsel jelek

id komisi iv dprd, anita, jalan, kebun raya sumsel, jalan rusak, legislator, anggota dewan

Jalan ke kebun raya Sumsel jelek

RA Anita Noeringhati (ANTARA Sumsel/17/Susilawati/I016)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Jalan yang mengarah ke Kebun Raya Sumsel di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan meski dalam tahap pengerasan tapi masih bergelombang dan jelek.

Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan, RA Anita Noeringhati di Palembang, Jumat mengatakan, pihaknya ketika meninjau jalan ke arah Kebun Raya di Kabupaten Ogan Ilir itu beberapa hari lalu melihat bahwa jalan itu mulai dari pangkal jalan yang dalam pengerasan masih bergelombang atau jelek tidak standar.

Padahal pembangunan jalan provinsi Sumsel, adalah menggunakan dana APBD, ujar Anita tanpa merinci anggaran dimaksud.

Ia menuturkan, pada saat meninjau jalan tersebut melihat ada truk batu bara yang melewati jalan tersebut sampai ke dermaga.

"Kami meninjau tidak sampai ke dermaga, tetapi pada waktu kami tanya ke pengelola kebun raya, memang jalan itu dilewati truk batu bara sampai ke dermaga," katanya.

Komisi IV ingin tahu apakah mereka itu, ada kontribusi atau tidak dalam pembangunan jalan tersebut, karena sesuai perda setiap perusahaan batu bara harus harus membuat jalan sendiri.

"Kalau provinsi yang bangun, mereka melewati jalan dengan tonase tinggi setiap hari jelas jalan ini akan cepat hancur," tuturnya.

Komisi IV juga ingin berkoordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) III Sumbagsel, sangat sulit, karena ada beberapa yang perlu dikoordinasikan contohnya masalah jembatan layang.

Kemudian masalah kesiapan jalan-jalan yang menjadi wewenang BBPJN III Sumbagsel, tetapi tidak direspon dengan baik, katanya.