Dinkes Mura tuntaskan akreditasi puskesmas 2019

id Puskesmas,Bidan,Pustu,Musirawas

Dinkes Mura tuntaskan akreditasi puskesmas 2019

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/den)

Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) - Dinas kesehatan Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumatera Selatan, menargetkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) di 14 kecamatan terakreditasi pada 2019.

"Dari 21 Puskesmas  yang ada di Kabupaten Musi Rawas baru 11 puskesmas yang sudah terakreditasi, target kami dari Dinas Kesehatan, tahun 2019 seluruh puskesmas sudah mendapat akreditasi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Mura Muhamad Nizar di Muara beliti, Jumat (24/8).

Dia menerangkan,program akreditasi Puskesmas dikabupaten Musi Rawas sudah berjalan tiga tahun, namun belum menyasar seluruh Puskesmas.

"Tahun 2016 sebanyak tiga Puskesmas yang akreditasi adalah puskesmas Nausasi, Muara beliti dan Suberharta," terang dia.

Lanjut dia, pada periode 2017, bertambah delapan Puskesmas yang berhasil meraih akreditasi di antaranya, Puskesmas Mengang Sakti, Puskesmas Muarakati, Puskesmas Muara Kelinggi, Puskesmas Muara Lakitan, Puskesmas Air beliti, Puskesmas Ciptosadi, Puskesmas Jayaloka dan Puskesmas Cecar.

"Jadi Puskesmas yang sudah mendapat akreditasi 11 layanan puskesmas," ungkap dia.

Pada tahun 2018 ini Musi Rawas mengajukan lima puskesmas untuk akreditasi yakni, Puskesmas Terawas, Puskesmas
Magun Harjo, Puskesmas Selagit, Puskesmas, Karya Sakti, Puskesmas L Sidoarjo.

"Setelah mengajukan lima puskesmas tahun ini, berarti tiga puskesmas lagi yakni Puskesmas Pianraya, Puskesmas Kelingi 4c dan Puskesmas Sungai Bunut," tutup dia.