Pemkab OKU anggarkan Rp14,5 miliar bangun jembatan

id jembatan ogan,jembatan ogan v,pemkab oku,anggaran jembatan rp 15 miliar

Dokumen - Jembatan Musi II (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/18)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menganggarkan dana sebesar Rp14,5 miliar untuk membangun jembatan Ogan V di Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur.

"Pengerjaannya akan dilaksanakan sesuai target yaitu harus selesai selama 165 hari kalender," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU Kuryana Azis didampingi Kepala Dinas PUPR, Helman, di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, dalam pembangunan jembatan tahap awal tersebut Pemkab OKU mengalokasikan dana sebesar Rp14,5 miliar melalui APBD OKU Tahun Anggaran 2018.

"Besaran dana itu juga dianggarkan untuk membuka jalan penghubung Desa Tanjung Kemala dengan Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur selebar 20 meter dengan panjang bentang 1.600 meter. Jadi bukan hanya membangun jembatan," katanya.

Untuk pembangunan tahap awal pada 2018, kata dia, hanya dilakukan pada bagian bawah jembatan, tidak termasuk membangun kerangkanya karena keterbatasan anggaran yang ada.

Pelaksanaan pengerjaan pembangunan Jembatan Ogan V tersebut akan dilanjutkan kembali pada 2019 menggunakan dana APBD OKU.

"Memang tahap pertama ini membangunan jembatan baru dimulai pembuatan dua pondasi landasan (abuetmen) berikut tiang penyangga," ujar Kuryana.

Dia menjelaskan, jembatan tersebut akan dibangun sepanjang 140 meter di atas sungai yang menghubungkan antara Desa Tanjung Kemala dengan Kelurahan Sekarjaya.

Jembatan Ogan V ini, lanjut dia, memiliki bentang 30m-80m-30m dengan total panjang 140m sehingga menjadi yang terpanjang dibandingkan jembatan lainnya di wilayah itu.

"Saya berharap masyarakat setempat mendukung penuh pembangunan Jembatan Ogan V ini sehingga target penyelesaian bisa rampung tepat waktu. Paling tidak menjaga keamananya," tegas Kuryana.

    


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar