Jembatan Ampera jadi logo Islamic Solidarity Games

id logo isg, logo Islamic Solidarity Games, ampera

Jembatan Ampera jadi logo Islamic Solidarity Games

Ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera, dilihat dari atas menara Masjid Agung Palembang, Kamis (27/6). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

.....Logo berupa gambar Jembatan Ampera ini mengantikan logo sebelumnya yang dibuat oleh Provinsi Riau.....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jembatan Ampera menjadi logo Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September-1 Oktober 2013, kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Muddai Madang.

"Logo berupa gambar Jembatan Ampera ini mengantikan logo sebelumnya yang dibuat oleh Provinsi Riau," kata Muddai di Palembang, Minggu.

Ia mengemukakan bahwa Sumsel pada awalnya tidak berniat membuat logo baru, namun pihaknya tidak memperoleh jaminan secara hukum karena berkaitan dengan hak cipta sehingga panitia persiapan memutuskan dilakukan pengantian.

Logo yang baru ini menampilkan gambar Jembatan Ampera pada bagian tengah dengan dikelilingi bulan sabit berjumlah lima buah dengan berwarna hijau dan putih.

Bulan sabit sendiri menggambarkan lambang umat Islam, sementara jumlahnya dipilih lima buah karena rukun Islam sendiri terdiri dari lima perkara.

"Semula akan diletakkan tiga buah bintang diatas bulan sabit seperti layaknya lambang di masjid, namun berdasarkan kesepakatan panitia persiapan untuk dibatalkan karena terkesan terlalu Islami sehingga dikhawatirkan akan menyulitkan pada masa mendatang," ujarnya.

Ia mengemukakan jika terjadi keraguan atas logo yang tercipta maka Indonesia selaku tuan rumah harus meminta izin kepada International Olympic Committee (IOC) mengingat perhelatan olahraga internasional diharapkan bersifat universal.

Apalagi, meski ISG merupakan perhelatan olahraga yang identik dengan negara-negara Islam, namun tidak menutup kemungkinan negara nonmuslim ambil bagian mengingat persyaratannya merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Terkait dengan peluncuran logo ISG itu, ia memastikan akan segera dilakukan setelah Sumsel menerima surat keputusan presiden (Keppres) terkait penetapan sebagai tuan rumah menggantikan Riau.

"Keppres diharapkan keluar dalam dua atau tiga hari ke depan, jika sudah keluar maka tak hanya logo yang diluncurkan tapi juga maskot ISG yakni hariman yang dimodivikasi dengan memakai pakaian adat Palembang," ujarnya.

Provinsi yang menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 ini hingga kini masih menunggu payung hukum berupa penetapan resmi selaku tuan rumah ISG dari presiden melalui Keppres.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Sebanyak 25 negara telah memastikan keikutsertaan, diantaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guinea, Turki, dan Indonesia.