Dokter: Penderita jantung wajib konsultasi sebelum aktivitas berat

id Kemenkes,penyakit jantung

Dokter: Penderita jantung wajib konsultasi sebelum aktivitas berat

Ilustrasi - Penyakit gagal jantung. (ANTARA/Pixabay/am.)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Hendry Yoseph Nainggolan, Sp.JP, FIHA mengatakan seorang dengan penyakit jantung perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat seperti naik gunung.

“Saran saya sebaiknya, sebelum melakukan aktivitas fisik berat tertentu, misalnya naik gunung. Kalau ingin naik gunung kan nggak mendadak, pasti direncanakan. Jadi menurut saya, sebelum melakukannya, pastikan dulu konsultasi ke dokter jantung,” jelas Hendry dalam diskusi daring yang digelar oleh Kementerian Kesehatan, Rabu.

Dalam ilmu kardiologi, lanjut Hendry, dokter jantung akan menilai banyak hal saat pemeriksaan. Pertama, dokter akan melihat secara echocardiography.

Dokter juga akan melihat bagaimana kondisi struktur jantung pada saat pasien datang berkonsultasi. Kedua, dokter akan melakukan serangkaian tes, misalnya yang paling sederhana adalah melakukan uji latih jantung. Pemeriksaan ini dilakukan guna menilai seberapa besar kapasitas fungsional pasien tersebut walau sudah dipasangi stent di pembuluh jantungnya.
 

Dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Hendry Yoseph Nainggolan, Sp.JP, FIHA dalam diskusi daring yang digelar Kementerian Kesehatan, Rabu (14/8/2024). ANTARA/tangkapan layar.