Dokter sebut cara bersihkan paru-paru secara mandiri bagi pasien PPOK

id kementerian kesehatan,kemenkes,tips sehat,kesehatan paru-paru

Dokter sebut cara bersihkan paru-paru secara mandiri bagi pasien PPOK

Ilustrasi dokter melihat hasil rontgen paru- paru. (ANTARA/HO/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Paru Rotinsulu dr. Sitti Nurun Nikmah mengatakan, terdapat sejumlah cara bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) untuk membersihkan paru-paru secara mandiri, salah satunya latihan teknik pernafasan.

Dalam "Ternyata Paru-Paru Bisa Dibersihkan" yang disiarkan oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu, dia menjelaskan bahwa dengan latihan pernafasan, otot-otot saluran menjadi baik, sehingga ventilasi oksigen dan karbon dioksida pasien bagus. Dengan demikian secara tidak langsung pengeluaran dahak menjadi lebih baik.

"Mengapa kita harus latih latihan pernafasan diafragma? Karena otot diafragma itu otot inspirasi utama. Otot yang bekerja saat kita nafas itu yang utama. Dengan kita memperkuat otot diaphragma, otomatis kemampuan batuknya juga jadi lebih baik," kata Nikmah.

Menurut Nikmah, latihan teknik pernafasan dapat dikombinasikan tergantung kebutuhan pasien, misalnya teknik nafas terkontrol dan teknik nafas dalam. Dengan berlatih teknik bernafas dalam-dalam dapat meningkatkan volume udara yang masuk atau inspirasi, dan teknik bernafas terkontrol dapat memperbaiki pola pernafasan.