Setelah melahirkan, penting cek kekuatan otot dasar panggul

id otot dasar panggul, hamil dan melahirkan, senam kegel,berita palembang, berita sumsel

Setelah melahirkan, penting cek kekuatan otot dasar panggul

Ilustrasi - Ibu melahirkan. (ANTARA/HO-Sutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RS Cipto Mangunkusumo Dr. dr. Fernandi Moegni Sp.OG Subsp. UroginRe(K) mengatakan ibu yang baru hamil dan melahirkan anak pertama dianjurkan untuk memeriksakan otot dasar panggulnya mencegah kerusakan dan pelemahan otot.

"Kalau ternyata ada dan nggak tahu dan nggak aware, nggak periksa, nggak dilatih, akibatnya berujung pada berbagai keluhan yang mengganggu kualitas hidup," kata Fernandi dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, saat hamil pertama, otot dasar panggul sudah bisa melemah sekitar 18 persen karena selama 9 bulan menopang janin yang ukurannya bisa mencapai tiga hingga empat kilogram. Dan setelah melahirkan kerusakan akan meningkat sekitar 36 persen.

Hamil dan melahirkan merupakan proses alami namun merupakan faktor utama otot dasar panggul menjadi melemah. Jika melalui persalinan normal, ibu akan mengejan dan berusaha melahirkan seorang bayi yang beratnya bisa mencapai tiga kilogram lebih melalui jalur lahir.

Hal itu bisa membebani otot panggul dan lama kelamaan bisa meregang dan kendor, terlebih jika proses reproduksinya sering atau yang memiliki banyak anak. Dampaknya bisa mengalami peranakan turun, rahim bisa keluar dari vagina karena proses mengejan, dan tidak bisa menahan pipis.