STY konfirmasi Asnawi baru selesai pemulihan cedera otot

id Asnawi Mangkualam,Shin Tae-yong,Timnas Indonesia,piala asia

STY konfirmasi Asnawi baru selesai pemulihan cedera otot

Pesepak bola timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola timnas Brunei Muhammad Hakeme (kanan) dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Indonesia menang atas Brunei dengan skor 6-0. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengkonfirmasi Asnawi baru selesai menjalani masa pemulihan cedera otot.

Dalam uji coba terakhir Indonesia menjelang persiapan Piala Asia 2023, Asnawi sempat bermain selama 20 menit saat menghadapi Iran.

"Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan memang hanya dimainkan 20-30 menit untuk cek kondisi Asnawi seperti apa. Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, maka dari itu wakil kapten Jordi yang jadi kapten hari ini, " kata Shin Tae-yong dilansir dari PSSI, Rabu.

Dalam uji coba terakhir jelang Piala Asia 2023, tim Garuda harus takluk atas Iran dengan skor 5-0 dalam pertandingan yang berlangsung di di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa.

Mengenai hal tersebut, Shin Tae-yong akan mengevaluasi lini pertahanan tim yang banyak melakukan kesalahan.

"Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kami, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kami sendiri, " kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, terkait dengan gelandang Shayne Pattynama, Shin Tae-yong menyatakan bahwa dia masih di Belanda.

"Kesehatan ibunya kurang baik, ini situasi yang sangat sensitif untuknya jadi saya tidak bisa banyak berkomentar, " tukas Shin Tae-yong.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pasukan asuhan Shin Tae-yong akan melakoni laga pertama melawan Irak pada 15 Januari, lalu melawan Vietnam pada 19 Januari, dan melawan Jepang pada 24 Januari.