KPPU imbau SK Gubernur Sumsel soal pejualan LPG 3 kg direvisi

id KPPU,Gas LPG 3 kg,Palembang,Sumatera Selatan

KPPU imbau SK Gubernur Sumsel soal pejualan LPG 3 kg direvisi

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Fanshurullah Asa meninjau pangkalan penjualan tabung gas LPG 3 kg di Palembang, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengimbau Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan revisi terhadap SK Gubernur soal penjualan Liquefied Petroleum Gas (LPG) kemasan 3 kilogram (kg).

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Fanshurullah Asa dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan langkah revisi tersebut penting dilakukan karena pihaknya menemukan ada harga jual LPG 3 kg di Palembang, di atas harga eceran tertinggi (HET) dari yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

“Memperhatikan temuan tersebut, KPPU mengimbau Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk merevisi SK Gubernur 821/2017 tersebut untuk mencegah pengaturan harga oleh pelaku usaha,” kata Fanshurullah.

 

Fanshurullah mengatakan pihaknya menemukan harga jual LPG kemasan 3 kg di Palembang mayoritas berada di atas HET yang ditetapkan pemerintah. Gas tersebut dijual di kisaran harga Rp17.000-Rp18.000 per tabung.