Polda Sumsel fokuskan pelayanan untuk momen natal dan tahun baru

id Polda Sumsel ,Polisi ,Operasi lilin ,Natal ,Tahun baru

Polda Sumsel fokuskan pelayanan untuk  momen natal dan tahun baru

Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmad Wibowo (ANTARA/ Humas Polda Sumsel)

Palembang (ANTARA) -
Aparat Kepolisian Daerah Sumatera Selatan fokus melayani masyarakat terkait dengan momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah 17 pemerintahan kabupaten dan kota.
 
"Kami melayani masyarakat menjelang natal dan tahun baru, kami fokus pada beberapa kegiatan mulai dari pengamanan lintasan jalur kereta api, jalan tol, bahan bakar minyak (BBM), hingga COVID-19," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmad Wibowo usai rapat koordinasi bersama Pemprov dan DPRD Sumsel di Mapolda Sumsel, Kamis.
 
Ia menjelaskan terkait pengamanan menurunkan sebanyak 3.097 orang personel gabungan dan siap diterjunkan dalam Operasi Lilin Musi 2023 pada 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.
 
Total personel berjumlah 3.097 orang itu terdiri atas 1.459 personel Polri dan 1.338 personel gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Jasa Raharja, Dinas Pemadam Kebakaran, Pramuka, dan Basarnas.
 
"Seluruh petugas siap mengamankan masa libur natal dan tahun baru yang tinggal menghitung hari," katanya.
 
Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, Polda Sumsel akan mengatur rekayasa dimana salah satunya mengatur jalur lintas kereta api agar masyarakat bisa melakukan perjalanan tanpa kemacetan.
 
Menurutnya berdasarkan informasi dari Kementerian Perhubungan RI ada 120 juta orang yang akan mudik merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dan ada peningkatan jumlah pemudik sekitar 43 persen.
 
Selain itu ia juga mengimbau masyarakat agar kembali menerapkan protokol kesehatan menyusul terdapat beberapa pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit di Palembang.
 
"Sama seperti protokol kesehatan pada tahun 2020-2022 yaitu menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan. Namun tidak usah terlalu panik," katanya.