Polda Sumsel lakukan KRYD pertahankan kamtibmas kondusif

id Polrestabes Palembang, kamtibmas, KRYD, pertahankan kamtibmas, kamtibmas kondusif, kondusif

Polda Sumsel lakukan KRYD pertahankan kamtibmas kondusif

Polisi siaga pertahankan kamtibmas kondusif di Sumsel. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Jajaran Polda Sumatera Selatan akhir-akhir ini melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) untuk mempertahankan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kondisi kamtibmas yang terpelihara dengan baik perlu dipertahankan dengan KRYD sehingga dapat mendukung seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan baik sesuai jadwal yang ditetapkan," kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumsel AKBP Yenni Diarty di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pihaknya bersama jajaran Polrestabes Palembang dan daerah Sumsel lainnya terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) guna menghadapi pemilihan anggota legislatif, presiden dan wapres melalui pemilu secara serentak pada Februari 2024.

"Untuk meningkatkan kamtibmas menghadapi pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu, selain dilakukan KRYD juga digelar operasi khusus kepolisian," ujarnya.

Dalam KRYD, petugas melaksanakan patroli cipta kondisi di sejumlah kawasan yang dipetakan rawan terjadi gangguan kamtibmas.

Pelaksanaan tugas tersebut dilakukan sesuai SOP dan humanis serta persuasif untuk menciptakan kondisi serta pemeliharaan kamtibmas yang kondusif.

Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, semua pihak dan lapisan masyarakat diharapkan berpartisipasi mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan tempat tinggal dan sekitarnya.

Melalui berbagai upaya tersebut serta penegakan hukum secara tegas kepada siapapun yang terjaring petugas dan terbukti melakukan pelanggaran hukum, kamtibmas yang terpelihara dengan baik selama ini dapat terus dipertahankan dan tahapan Pemilu 2024 bisa berjalan sesuai harapan bersama, ujar dia pula.