Pemkot Palembang raih penghargaan Dukcapil Prima dari Kemendagri

id Dukcapil ,Mendagri

Pemkot Palembang raih penghargaan Dukcapil Prima dari Kemendagri

Pemerintah Kota Palembang meraih penghargaan Dukcapil Prima skala Nasional tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. (ANTARA/ Kominfo Palembang)

Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palembang meraih penghargaan Dukcapil Prima skala Nasional tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.
 
Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diinisiasi Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2023 di salah satu Hotel di Palembang, Selasa 24 Oktober 2023.
 
Mendagri Tito Karnavian di Palembang, Rabu,  menjelaskan bahwa penghargaan diberikan berdasarkan penilaian kinerja dan juga sebagai apresiasi tidak ada kaitan dengan politik apapun.
 
"Penghargaan ini dibuat oleh tim dari Dukcapil dan pihak eksternal yang independen yang bertujuan memotivasi ada reward dan punishment. Yang bagus diberi reward dan yang tidak bagus ada punishment," ujarnya.
 
Ia menambahkan Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk menguatkan dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil pusat dan daerah guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemilihan umum 2024.
 
Ia meminta agar Jajaran Dukcapil memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukan.
 
"Kewajiban Dukcapil Kemendagri menyiapkan data potensi pemilih, sudah diserahkan oleh saya ke KPU dan nanti KPU menggunakan data ini ke KPUD Provinsi, Kabupaten/Kota untuk diverifikasi lagi. Sehingga pemilih yang ditetapkan lebih update berapa jumlahnya. Termasuk pemilih pemula," ujarnya.
 
Sementara itu, PJ Wali Kota Palembang Ratu Dewa mengapresiasi Disdukcapil Kota Palembang yang sudah mendapatkan penghargaan dari Mendagri.
 
"Alhamdulillah kita menerima penghargaan Dukcapil Prima kategori kota dengan jumlah penduduk sedang dan tentunya kita akan terus berbenah menjadi lebih baik lagi," ujarnya.