Kanwil Kemenkumham Sumsel optimalkan peran satgas P4GN dan P2U

id Kanwil Kemenkumham, kemenkumham sumsel, optimalkan, peran satgas, P4GN, petugas P2U, cegah narkoba

Kanwil Kemenkumham Sumsel optimalkan  peran satgas P4GN dan P2U

Kakannwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya. ANTARA/Yudi Abdullah/23.

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan mengoptimalkan peran satgas pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika (P4GN) dan petugas pengamanan pintu utama (P2U) di lapas dan rutan.

"Untuk menutup celah masuk dan beredarnya narkoba di lapas dan rutan, kami mengoptimalkan peram Satgas P4GN dan petugas pengamanan pintu utama (P2U)," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Kamis.

Menurut dia, peran petugas tersebut sangat besar dalam menyaring dan mengawasi lalu lintas barang di pintu utama lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

"Menjadi bagian satgas P4GN dan petugas P2U bukanlah merupakan tugas yang mudah, karena memiliki tanggung jawab yang besar dalam pengamanan pintu utama lapas dan rutan dari narkoba dan masuknya barang terlarang lainnya seperti senjata tajam dan telepon seluler," ujarnya.

Petugas lapas dan rutan baik yang terlibat sebagai Satgas P4GN maupun P2U diminta terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban dengan baik, agar tidak ada barang-barang yang dilarang bisa lolos masuk.

Untuk meningkatkan kewaspadaan petugas, setiap kunjungan kerjanya di unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan, Ilham selalu berpesan agar Satgas P4GN dan P2U betul-betul memahami tugas dan fungsinya berpegang teguh dengan nilai Kemenkumham PASTI (profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif) dan menjaga integritas, ujar Ilham.