Relawan pajak Baturaja bergerak

id Relawan pajak, pajak tahunan, mahasiswa universitas, wajib pajak, KPP Baturaja

Relawan pajak  Baturaja bergerak

Ilustrasi pajak daerah. (ANTARA/HO/23)

Baturaja (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, membentuk relawan pajak untuk mengajak warga atau wajib pajak lebih giat membayar pajak.

"Relawan pajak diharapkan dapat menjadi teladan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak," kata Kepala KPP Baturaja Benny Santosa di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan, KPP Pratama Baturaja bersinergi dengan Universitas Nurul Huda OKU Timur untuk melibatkan puluhan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Ekonomi dan Teknologi Informasi sebagai relawan pajak.

Para relawan ini nantinya bertugas di bidang pelayanan dengan memberikan pendampingan kepada wajib pajak dalam membuat SPT tahunan.

Mereka juga akan melakukan sosialisasi secara mandiri, pendampingan Business Development Services (BDS) dan penyebarluasan konten perpajakan.

Dia menjelaskan, tujuan dari program relawan pajak ini adalah untuk membantu wajib pajak dalam pengisian SPT tahunan.

Selain pelaporan SPT tahunan, relawan pajak juga akan membantu wajib pajak dalam hal pemadanan NIK sebagai NPWP sebelum melapor SPT tahunan.

Dengan diselenggarakan kegiatan relawan pajak ini, KPP Pratama Baturaja berharap dapat meningkatkan kepatuhan pelaporan SPT tahunan sekaligus memberikan pengalaman dan juga wawasan bagi relawan pajak. "Dengan adanya relawan pajak diharapkan pendapatan negara dari sektor pajak bisa maksimal sehingga target pajak yang telah ditetapkan bisa tercapai hingga 100 persen," ujarnya.