Sumsel suport penuh BBLK Palembang jadi laboratorium regional Sumatera

id bblk, laboratorium,kesehatan,sumsel

Sumsel suport penuh  BBLK Palembang jadi laboratorium regional Sumatera

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima tim BBLK Palembang di Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (20/6/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Sumsel)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung pengembangan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) menjadi laboratorium kesehatan regional wilayah Sumatra.

"Pemprov Sumsel mendukung pengembangan jadi laboratorium regional Sumatra, ini semua tidak lepas dari pelayanan yang telah diberikan oleh BBLK Palembang selama ini," kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Selasa (20/6).

Dukungan Gubernur Herman Deru disampaikan saat menerima Kepala BBLK Palembang Budi Hidayat yang melaporkan progres pengembangan BBLK Palembang serta persiapan HUT Ke-50 BBLK yang akan digelar di ibu kota Provinsi Sumsel itu.

Dia mengatakan saat ini ada tiga laboratorium kesehatan regional di Indonesia, yakni di Jakarta, Surabaya, serta Makassar, sehingga BBLK Palembang bila dikembangkan akan menjadi BBLK regional keempat, dengan layanan di wilayah Sumatra.

Untuk upaya tersebut, ia meminta kepada Kepala BBLK Palembang melakukan langkah-langkah guna peningkatan status institusi itu dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi, baik dengan pemerintah provinsi maupun institusi terkait.

Kepala BBLK Palembang Budi Hidayat menyebutkan pihaknya telah melakukan langkah ke arah peningkatan hal itu.

Pada kesempatan yang sama, ia menyebutkan Kota Palembang akan menjadi tuan rumah HUT Ke-50 BBLK pada 30 Juli 2023. Rencananya kegiatan itu melibatkan 15 ribu peserta dan pemecahan rekor MURI.

Pada kegiatan itu juga akan digelar seminar kesehatan serta bakti sosial berupa deteksi gula darah, diabetes melitus serta pemeriksaan kesehatan bagi lansia.