Laboratorium Kesehatan Palembang jamin tetap layani uji tes PCR

id PCR, laboratorium, Palembang, BBLK Palembang, Jamin pelayanan, 10 laboratorium kesehatan sumsel, subsidi pemerintah

Laboratorium Kesehatan Palembang jamin tetap  layani uji tes PCR

Petugas kesehatan mengambil sampel tes usap antigen kepada calon penumpang bus di terminal Alang-alang lebar Kota Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (17/7/2021) ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Sumatera Selatan (ANTARA) - Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjamin tetap melayani pemeriksaan sampel harian tes polimerase chain reaction (PCR) kepada masyarakat Sumatera Selatan.

Kepala Bidang Pelayanan BBLK Palembang Lisa Dewi di Palembang, Sabtu mengatakan, laboratorium mampu melakukan pemeriksaan maksimal 1.000 sampel setiap harinya, bukan hanya kiriman sampel dari Kota Palembang tapi juga kiriman sampel dari kabupaten/kota terlayani.

“Tetap melayani pemeriksaan sampel saat ini lancar-lancar saja tidak ada kendala,” kata dia.

Dia membenarkan, beberapa waktu lalu pemeriksaan sampel sedikit terhambat karena pada saat itu laboratorium menerima uji sampel kiriman sebanyak 3.000 sampel per harinya. “Jumlah tersebut diluar kapasitas maksimal laboratorium,” cetusnya.

Baca juga: BBLK Palembang periksa 3.000 sampel PCR per hari akibat lonjakan COVID-19

Baca juga: Reisa kemukakan tiga perilaku individu bertanggungjawab saat pandemi


Tapi saat ini tidak ada sampel PCR yang menumpuk di laboratorium sehingga pemeriksaan sampel harian tidak memiliki kendala dari 1.000 sampel yang masuk perhari semua akan diselesaikan segera.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nuraini, mengatakan, merupakan sebuah kewajaran jika pengiriman sampel ke laboratorium mengalami penumpukan karena skema testing tracking dan treatment dimasifkan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19.

Namun masyarakat harus tahu BBLK Palembang bukan satu-satunya laboratorium yang melakukan testing COVID-19 melalui pemeriksaan PCR di Sumatera Selatan.

Selain BBLK Palembang masyarakat atau instansi kesehatan bisa melakukan tes pemeriksaan di rumah sakit swasta ataupun laboratorium kesehatan milik swasta.

“Hanya saja pemeriksaan tersebut dilakukan secara mandiri tidak ditanggung pemerintah,” tandasnya.

Baca juga: Pemkot Palembang belum izinkan acara pesta pernikahan

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar