Mudik boleh dan keren, tapi jangan buang sampah sembarangan

id klhk,menteri lhk,mudik minim sampah,lebaran minim sampah,sampah plastik,sampah mudik,mudik lebaran,menteri siti nurbaya

Mudik boleh dan keren, tapi jangan buang sampah sembarangan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kiri) bersama Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syaripudin (kanan) meninjau aktivitas mudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengimbau para pemudik untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menimbulkan masalah lingkungan dan kesehatan akibat tumpukan sampah di jalur mudik.
 
"Selamat menempuh perjalanan, selamat sampai tujuan, dan jangan lupa tetap minim sampah, dikelola sampahnya," kata Menteri Siti Nurbaya saat meninjau fasilitas pengelolaan sampah di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa.
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menerbitkan Surat Edaran Menteri LHK Nomor 02 Tahun 2023 kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mengurangi timbulan sampah selama Ramadhan, mudik, dan Lebaran.
 
Surat edaran itu mengimbau pemerintah daerah (pemda) untuk menyiapkan fasilitas pemilahan sampah di sepanjang jalur mudik.