Warga OKU Timur serbu pasar sembako murah

id Operasi pasar murah, paket sembako, beras medium, harga eceran tertinggi, Kecamatan BMT, Bulog OKU

Warga OKU Timur serbu pasar sembako murah

Ribuan masyarakat OKU Timur memadati pasar murah yang menjual paket sembako dengan harga terjangkau, Jumat. ANTARA/Edo Purmana.

Martapura (ANTARA) - Warga Kecamatan Buay Madang Timur (BMT), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, memadati pasar sembako murah untuk membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Camat BMT, OKU Timur, Muhammad Andrie di Martapura, Jumat mengatakan, operasi pasar murah dilakukan menindaklanjuti instruksi Badan Pangan Nasional dalam upaya pengendalian inflasi dan harga kebutuhan pokok yang melonjak menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

Dalam operasi pasar murah ini pemerintah daerah menggandeng Perum Bulog wilayah kerja Kabupaten OKU Raya sebagai pihak penyedia bahan kebutuhan pokok beras dan minyak goreng.

"Ada 2.000 paket sembako yang tersedia hari ini untuk dijual kepada masyarakat umum di Kecamatan BMT," katanya.

Barang kebutuhan pokok ini dikemas dalam bentuk paket sembako berisikan 5 kilogram beras medium dan 1 liter minyak goreng merk Fortune yang dijual dengan harga Rp62.000/paket.

Dalam pembelian masyarakat tidak diharuskan membawa persyaratan dan tidak pula dibatasi untuk membeli sembako dapat lebih dari satu paket.

"Antusias masyarakat cukup tinggi yang antre untuk membeli sembako karena harganya lebih murah dari pasaran," katanya.

Kepala Perum Bulog Kabupaten OKU, Julkhaidar Romadhon sebelumnya menjelaskan, operasi pasar murah itu dilakukan untuk menekan inflasi sekaligus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok khususnya komoditas beras medium dan minyak goreng yang merangkak naik di pasaran menjelang Ramadhan.

"Operasi pasar murah ini kami gelar di seluruh wilayah kerja Bulog di OKU Raya meliputi tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan," jelasnya.

Dia menjelaskan, dalam operasi pasar tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 300 ton beras medium, 50 ribu liter minyak goreng dan 30 ton tepung terigu yang dikemas dalam paket sembako.

Untuk paket sembako berisi 5 kilogram beras dan satu kilogram tepung terigu kemasan dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) dari pemerintah yaitu seharga Rp57.000/paket

"Operasi pasar murah ini kami gelar hampir di seluruh kecamatan di OKU Raya. Setiap kecamatan didistribusikan sebanyak 2.000 paket sembako, termasuk Kecamatan BMT," ujarnya.