LKBN Antara gelar UKW pertama bagi jurnalis foto di Medan

id UKW foto, medan

LKBN Antara gelar UKW pertama bagi jurnalis foto di Medan

Pelaksanaan UKW bagi jurnalis foto dan teks oleh LKBN Antara di Medan 10-11 Februari 2023. (ANTARA/Miko Elfisha)

Medan (ANTARA) -
LKBN Antara menjadi lembaga pertama yang menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi jurnalis foto di Kota Medan sejak UKW I digelar pada 2011.
 
Manager Humas LKBN Antara, Arie Novarina di Medan, Sabtu mengatakan UKW yang digelar sebenarnya bukan khusus untuk jurnalis foto, tapi juga untuk jurnalis teks baik media cetak maupun online (daring).
 
Namun ia tidak menyangka kalau penyelenggaraan UKW untuk jurnalis foto adalah yang pertama digelar di Kota Medan sejak belasan tahun terakhir.
 
"Informasi ini baru kami dapatkan setelah diberitahu oleh peserta UKW dari jurnalis foto," katanya.
 
Ia menyebut LKBN Antara bangga bisa memberikan manfaat bagi sesama jurnalis sebagai salah satu bentuk tanggung perusahaan dalam kerangka Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN.
 
Ia berharap 30 orang jurnalis dari berbagai daerah diantaranya Medan, Aceh, Bangka Belitung, Padang dan Jakarta yang ikut dalam UKW tersebut bisa dinyatakan berkompeten setelah mengikuti rangkaian kegiatan.
 
Sementara itu enam orang jurnalis foto dari Medan menyampaikan apresiasi terhadap UKW yang digelar oleh LKBN Antara, terutama untuk jurnalis foto.
 
Salah seorang peserta, Andi Rambe dari kliksumut.com mengatakan ia sudah menunggu bertahun-tahun untuk bisa mengikuti UKW bagi jurnalis foto di Medan.
 
"Ini yang pertama kali digelar untuk jurnalis foto di Medan. Banyak jurnalis foto yang sudah menunggu kesempatan ini," kata dia.
 
UKW bagi jurnalis foto diuji oleh yang merupakan salah satu fotografer senior di LKBN Antara. Ia menyebut materi uji yang diberikan adalah "makanan" sehari-hari bagi jurnalis foto sehingga ia optimistis semua peserta UKW untuk foto bisa berkompeten.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LKBN Antara gelar UKW pertama bagi jurnalis foto di Medan