Bupati OKU meresmikan Program Pamsimas di Desa Karang Dapo

id Program Pamsimas, air bersih, sanitasi warga, Desa Karang Dapo, Bupati OKU

Bupati OKU meresmikan Program Pamsimas di Desa Karang Dapo

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah meresmikan program Pamsimas di Desa Karang Dapo, Kecamatan Peninjauan, Rabu (21/12/2022). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah meresmikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun Anggaran 2022 yang dipusatkan di Desa Karang Dapo Kecamatan Peninjauan.

Teddy Meilwansyah di Baturaja, Kabupaten OKU, Rabu, mengatakan bahwa Program Pamsimas  merupakan salah satu program dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di pedesaan.

Program Pamsimas ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam membantu masyarakat terutama untuk mengatasi masalah sanitasi dan keperluan air bersih warga.

Melalui program ini masyarakat di pedesaan dapat menikmati air bersih untuk kebutuhan sehari-hari selain mengandalkan air sungai.

Bupati berharap dengan dibangunnya Pamsimas masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target sektor air minum dan sanitasi melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

"Saya juga berharap fasilitas yang telah ada ini bisa dirawat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya agar kebutuhan warga desa terhadap air bersih bisa terus tercukupi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karang Dapo, Martinawati mengatakan mewakili warga desa, ia berterima kasih atas Program Pamsimas itu.

Menurutnya, dalam Program Pamsimas tersebut Pemerintah Desa Karang Dapo mendapat bantuan dana dari pemerintah senilai Rp400 juta dan Rp44,5 juta dari kontribusi warga.

"Pembangunan Pamsimas ini menelan dana sebesar Rp444.500.000. Semoga dengan adanya fasilitas Pamsimas ini kebutuhan air bersih warga kami bisa tercukupi," ujarnya.