Bupati OKU Timur komitmen tingkatkan produk pertanian

id Kualitas pertanian, panen padi, metode demplot, petani di OKU Timur, Bupati OKU Timur

Bupati OKU Timur komitmen tingkatkan produk pertanian

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah menghadiri panen raya di Kecamatan Buay Madang Timur pada Senin (29/8). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Martapura (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan, Lanosin Hamzah berkomitmen meningkatkan kualitas produk pertanian melalui pendampingan dan teknik penanaman yang tepat bagi petani agar hasil panen semakin meningkat.

"Khususnya tanaman padi sawah di OKU Timur yang diupayakan lebih berkualitas," kata Bupati Lanosin di Martapura, Kamis.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggandeng PT Wilmar Padi Indonesia guna memberikan pelatihan dan pendampingan bagi petani di daerah itu.

Pemerintah daerah juga mendorong agar petani padi sawah di wilayah itu menggunakan metode demplot pupuk mahkota IP 200 supaya mendapat hasil panen yang berlimpah.

"Medote demplot ini ternyata cukup berhasil setelah diterapkan petani di Kecamatan Buay Madang Timur (BMT) dengan hasil panen meningkat mencapai 30 persen," katanya.

Sementara itu, Rice Business Head PT Wilmar Padi Indonesia, Saronto mengatakan, melalui program kemitraan tersebut pihaknya siap memberikan pendampingan dalam teknik penanaman yang tepat, pengaplikasian sarana produksi pertanian, dan teknik pemanenan yang baik.

"Dengan upaya yang tepat kami yakin petani mampu menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas bahkan mampu meningkatkan kuantitas produksi," katanya.

Melalui kerja sama ini, pihaknya juga menjamin akan membeli gabah hasil panen dengan harga yang menguntungkan petani di daerah itu.

"Seperti yang disampaikan Pak Bupati tadi agar nilai tukar dari petani juga meningkat tentunya dengan harga yang sesuai dan baik pada saat musim panen, maupun musim tanam," ujarnya.