BCA dan Pemkot Lubuklinggau tanam 100 bibit pohon

id BCA,pemkot lubuklinggau,tanam pohon,pohon penghijauan,kelompok sampah berkah

BCA dan Pemkot Lubuklinggau tanam 100 bibit pohon

Kepala BCA KCU Lubuklinggau Royani (kiri) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Lubuklinggau Subandio Amin dalam acara seremoni penanaman pohon di Kelurahan Perumnas Rahma. (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menanam 100 bibit pohon di Kelurahan Perumnas Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Selasa.

Kepala BCA KCU Lubuklinggau Royani mengatakan kegiatan penghijauan ini sebagai komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan dan perwujudan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Dalam kegiatan ini, bersama Pemkot Lubuklinggau, BCA menggandeng Kelompok Sampah Berkah.

“Lingkungan yang hijau dan asri pastinya menjadi sebuah kenyamanan. Untuk itu BCA pun berinisiasi bersama dengan dinas setempat untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman khususnya untuk masyarakat Lubuklinggau,” kata dia.

Pada kesempatan ini, dilaksanakan program penanaman 100 bibit pohon Mahoni. Penanaman bibit ini kian mempercantik dan memperbaiki udara di kawasan Jalan Kelurahan Perumnas Rahma.

Baca juga: Pemkot Prabumulih-BCA lakukan penghijauan dengan menanam 200 bibit pohon
Bibit pohon ini juga memiliki manfaat yang baik dan cocok untuk ditanam di kawasan perumahan karena membuat suasana menjadi teduh.

BCA pun turut melibatkan “Kelompok Bank Sampah Berkah” yang telah bermitra dengan DLH Kota Lubuklinggau.

Melalui kelompok ini, masyarakat diajak untuk turut serta dalam meningkatkan kepedulian terhadap kesejahteraan lingkungan.

Kelompok ini senantiasa berpartisipasi dalam kegiatan 3R seperti pembuatan pupuk kompos, penanaman pohon dan aktivitas penghijauan lainnya.

Menandai perayaan ulang tahun ke-65, BCA kembali mewujudkan komitmen terhadap agenda SDGs tersebut dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

Baca juga: BCA dan Pemkot Prabumulih lakukan penghijauan, tanam 200 bibit pohon
Penanaman pohon di Lubuklinggau ini juga dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati tiap 5 Juni dan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia tiap 17 Juni.

“BCA Go Bi6 5tep,” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversi kedalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan.

Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.
Baca juga: BCA dan Blibli kerja sama luncurkan kartu kredit