BCA tanam 100 bibit pohon di ruas Tol Palindra

id BCA,BCA Palembang,bibit pohon,penanaman pohon, tol palindra

BCA tanam 100 bibit pohon di ruas Tol Palindra

Kepala Kantor Wilayah VI Palembang Suhardjo Moeliadi menyerahkan bibit tanaman kepada Section Head Keuangan PT Hutama Karya Ruas Tol Palindra Mukhlis di area Tol Palindra, Sumsel, Jumat (5/8/2022) (ANTARA/HO-BCA)

Palembang (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menanam 100 bibit pohon di ruas Tol Palembang-Indralaya (Palindra), Sumatera Selatan, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Kepala BCA Kantor Wilayah VI Suhardjo Moeliadi di ruas Tol Palindra, Jumat, mengatakan, program penghijauan ini merupakan perwujudan dari upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang mana BCA kali ini menggandeng PT Hutama Karya dan mitra tani UD Bertani.

“Lingkungan yang hijau dan asri tentunya menjadi harapan kita semua. Sekecil apapun aksi yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan hidup,” kata Suhardjo.

Adapun bibit pohon yang ditanam kali ini di antaranya, ketapang mini, salam dan damar karena tanaman ini dipercaya mampu mereduksi polusi yang berasal dari asap motor kendaraan.

Penanaman pohon ini dilakukan di dua titik yakni Rest Area Tol Palindra KM 20 Gerbang Tol Indralaya dan ruas Tol Palindra KTM Rambutan.

Pemilihan area Tol Palindra ini karena jalan tol ini tergolong baru sehingga belum banyak dilakukan  penghijauan.

Selain itu, jalan tol ini juga merupakan yang pertama di Sumsel yang menghubungkan Kota Palembang dengan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Dengan adanya penanaman pohon ini diharapkan mampu menambah kelestarian lingkungan di sekitar jalan tol, kata dia.

Ia menambahkan BCA menandai perayaan ulang tahun ke-65 dengan menargetkan penanaman 18 ribu pohon, sekaligus memperkuat kesadaran insan BCA atas nilai utama pelestarian lingkungan.

“BCA Go Bi6 5tep” menjadi tema utama dalam gerakan penanaman pohon ini, yang mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 wilayah dan kantor pusat untuk melakukan virtual walk dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

Setiap partisipasi langkah virtual walk karyawan BCA akan dikonversikan ke dalam bibit pohon untuk ditanam di area hutan kota, hutan bakau, pemukiman penduduk, tepi jalan tol/jalan raya di berbagai wilayah di Indonesia.

Inisiatif Walk for Tree akan berlangsung dari Maret hingga seluruh bibit pohon selesai ditanam dan akan dilanjutkan dengan kegiatan perawatan.

Jenis-jenis pohon yang akan ditanam memiliki dampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon, pemulihan alam serta pengaturan iklim.

BCA memperkuat komitmen ini dengan penyaluran kredit untuk sektor-sektor berkelanjutan yang mencapai Rp161,6 triliun di Maret 2022. Angka tersebut naik sebesar 25,6 persen (yoy), dan berkontribusi hingga 24,9 persen dari total portofolio pembiayaan BCA.

Selain itu, BCA juga melakukan beberapa inisiatif lain seperti pengelolaan limbah kartu dan EDC, serta turut pemadaman lampu selama satu jam pada 544 gedung kantor BCA untuk mendukung program Earth Hour beberapa waktu lalu.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022