Diskominfo OKU Timur ajak masyarakat migrasi siaran TV digital

id TV analog, siaran televisi, peralihan siaran, Kementerian Kominfo, Diskominfo OKU Timur

Diskominfo OKU Timur ajak masyarakat migrasi siaran TV digital

Ilustrasi siaran TV digital. (ANTARA/HO/22)

Martapura (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, mengajak masyarakat di wilayah itu agar segera migrasi atau beralih dari siaran televisi (TV) analog ke TV digital.

Kepala Dinas Kominfo OKU Timur Arfan Hermawan di Martapura, Senin, mengatakan saat ini migrasi siaran TV analog ke siaran digital di daerah itu masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat di wilayah setempat.

Menurut dia, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat dapat segera beralih ke siaran digital untuk menikmati berbagai program di televisi dengan kualitas gambar yang bersih dan jernih.

"Masyarakat harus bersiap memasuki era baru dengan hadirnya ekosistem teknologi digital ini," katanya.

Dengan menjadi bagian dalam migrasi TV digital, kata dia, masyarakat ikut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital.

Apalagi, menurut dia, siaran TV digital memberikan banyak manfaat kepada masyarakat, terutama bagi penggemar siaran televisi karena kualitas gambar yang ditampilkan lebih jernih dari sistem analog.

TV digital memiliki banyak kelebihan karena dilengkapi dengan perangkat Set Top Box (STB) atau alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

"Alat ini dapat dibeli di 'market place' daring maupun toko-toko penyedia unit STB," katanya.

Bahkan, lanjut dia, untuk mempermudah masyarakat beralih ke siaran digital, Kementerian Kominfo juga sedang melakukan pendataan rumah tangga miskin untuk menyalurkan bantuan STB.

"Di Provinsi Sumsel sekitar 17 ribu warga kurang mampu akan menerima bantuan ini," ujarnya.