Armada angkutan Lebaran KAI Palembang angkut 11.306 penumpang

id KAI,kereta api,pt kai,ramadhan,lebaran,arus mudik

Armada angkutan Lebaran KAI Palembang angkut 11.306 penumpang

Calon penumpang berjalan menuju gerbong kereta api Serelo tujuan Palembang-Lubuklinggau di Stasiun Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (2/5/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Armada kereta api PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang, Sumatera Selatan pada 22 -27 April 2022 telah mengangkut 7.508 orang penumpang.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan para penumpang itu menggunakan kereta api jarak jauh KA Bukit Serelo, KA Rajabasa, dan KA Sindang Marga.

“Antusias masyarakat menggunakan kereta api untuk mudik tahun ini terbilang cukup baik, terlihat dari angka pengguna menjelang hari Lebaran,” kata dia.

Kenaikan yang cukup signifikan untuk pembelian tiket KA Bukit Serelo tujuan Palembang-Lubuklinggau (PP) dan KA Rajabasa tujuan Palembang-Lampung (PP).

Sejauh ini, KAI memperkirakan puncak arus mudik pada 28 April - 1 Mei 2022 atau H-4 hingga H-1, yang terpantau dari penjualan tiket sudah mencapai 100 persen.

Aida mengatakan hingga hari kelima masa angkutan Lebaran diketahui sebanyak 63 persen persen dari 52.228 kursi sudah terjual. Bahkan KA ekonomi Bukit Serelo dan KA Rajabasa untuk 28 April-1 Mei 2022 terdata tingkat okupansinya sudah mencapai 100 persen.

Bagi masyarakat yang ingin berangkat untuk tanggal keberangkatan periode tersebut KAI menyarankan untuk memilih KA Sindang Marga karena tiket masih tersedia.

Demi memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, KAI telah menyiagakan peralatan dan personel di wilayah rawan longsor dan banjir Sumatera Selatan.

KAI menyiagakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan petugas ekstra di daerah tersebut sehingga apabila muncul kendala di lintasan rel dapat segera teratasi.

Aida juga mengingatkan, meski kapasitas kereta sudah diizinkan 100 persen tapi sejatinya masih dalam situasi pandemi sehingga penumpang tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker.

“Petugas di stasiun akan mengatur alur penumpang dan memastikan mereka mematuhi prokes yang telah ditentukan," jelas Aida.

KAI juga menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi masyarakat dan pelanggan KA Jarak Jauh di Klinik Mediska Palembang, Stasiun Kertapati dan Stasiun Tebing Tinggi.

Layanan ini merupakan hasil dari kerja sama antara KAI dengan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan untuk mendukung program vaksinasi pemerintah.

Untuk layanan Rapid Test Antigen dengan tarif Rp. 35.000, para pelanggan di KAI Divre III Palembang juga masih bisa menggunakannya di Stasiun Kertapati, Prabumulih, Lahat dan Lubuk Linggau, kata dia.