Stasiun kereta api Baturaja siapkan gerai fasilitas rapid tes antigen

id Gerai rapid test antigen, Stasiun Baturaja, penumpang kereta api, syarat perjalanan, protokol kesehatan

Stasiun kereta api Baturaja siapkan gerai fasilitas rapid tes antigen

Stasiun Baturaja menyiapkan gerai pemeriksaan rapid test antigen untuk calon penumpang, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Stasiun Kereta Api Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menyiapkan gerai fasilitas rapid test antigen untuk calon penumpang kereta api.

"Gerai pelayanan rapid test antigen ini disiapkan khusus untuk para penumpang kereta api di Stasiun Baturaja," kata Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Abdullah di Baturaja, Rabu.

Abdullah menjelaskan, gerai ini disiapkan untuk mempermudah pemeriksaan calon penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api sebagai syarat perjalanan di masa pandemi.

Fasilitas pelayanan ini melayani pemeriksaan kesehatan calon penumpang dengan tarif relatif lebih murah yaitu hanya sebesar Rp45.000. "Ya, biayanya turun Rp40.000 yaitu dari Rp85.000 kini hanya Rp45.000 per orang," ungkapnya.

Baca juga: PT KAI Palembang sediakan 370 kupon kereta gratis untuk guru dan nakes
Menurut dia, rapid antigen merupakan syarat wajib bagi penumpang KA, baik tujuan Baturaja-Palembang maupun Baturaja-Tanjung Karang.

Syarat hasil pemeriksaan test antigen tersebut diberlakukan baik untuk penumpang dewasa maupun penumpang anak-anak yang sudah berusia 12 tahun.

Dalam memberangkatkan penumpang pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat salah satunya wajib memakai masker.

"Kami juga masih memberlakukan pembatasan penumpang 70 persen. Satu kursi penumpang yang semestinya untuk dua orang hanya diberlakukan satu orang saja," ujarnya.
Baca juga: Tiket gratis KA Hari Pahlawan tak berlaku untuk dokter
Baca juga: KAI Palembang siagakan alat berat di lokasi rawan longsor