PT KAI Palembang sediakan 370 kupon kereta gratis untuk guru dan nakes

id kupon gratis KAI, PT KAI,voucer gratis pt kai,tiket ka kreta api untuk nakes,tiket gratis untuk guru

PT KAI Palembang sediakan 370 kupon kereta gratis untuk guru dan nakes

Penumpang berjalan menuju gerbong KA Serelo sebelum keberangkatan di Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang, Sumsel, Kamis (24/9/2020) (ANTARA FOTO/Feny Selly/20) (ANTARA FOTO / Feny Selly)

Voucer itu bagian dari 11 ribu yang diberikan PT KAI untuk wilayah Sumatera dan Bali sebagai bentuk ungkapan penghargaan kepada mereka yang dinilai menjadi pahlawan perjuangan
Sumatera Selatan (ANTARA) - PT KAI Divre III Palembang, Sumatera Selatan, menyediakan 370 kupon tiket gratis kereta api jarak jauh, khusus untuk guru, tenaga kesehatan dan veteran.

Kepala Bagian Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Minggu mengatakan kupon tersebut diberikan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada mereka yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah, khususnya selama pandemi COVID-19 dan para veteran sebagai pahlawan yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Voucer itu bagian dari 11 ribu yang diberikan PT KAI untuk wilayah Sumatera dan Bali sebagai bentuk ungkapan penghargaan kepada mereka yang dinilai menjadi pahlawan perjuangan," kata dia.

Menurutnya, guru pendidikan formal anak usia dini sampai dengan tingkat menengah atas atau sederajat, baik negeri maupun swasta, dengan status aparatur sipil negara (ASN) maupun honorer, berhak mendapatkan kupon tersebut.

Baca juga: Tiket gratis KA Hari Pahlawan tak berlaku untuk dokter
Kemudian tenaga kesehatan, seperti bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi dan sopir ambulans, baik dari klinik, puskesmas atau rumah sakit dan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

"Semua yang masuk kategori bisa mengambil voucer, tapi kecuali dokter," ujarnya.

Pengambilan kupon bisa dilakukan mulai 7 sampai 29 November 2021 di loket atau pusat informasi pada Stasiun Kertapati, Palembang, dan dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 sampai 30 November 2021.

Saat pengambilan kupon, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotokopi identitas atau surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah guru, tenaga kesehatan dan veteran.

"Voucer tersebut hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher dari Divre III Palembang, yaitu KA Bukit Serelo dan KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau,” ujarnya.

Baca juga: KAI Palembang siagakan alat berat di lokasi rawan longsor
Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu kupon atau satu kali perjalanan. Pengambilan kupon tidak dapat diwakilkan, kecuali untuk veteran.

"Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas. Selain itu, tiket KA yang sudah dicetak tidak dapat diubah jadwalnya." ujarnya.

Ia menegaskan, pelanggan KA jarak jauh tetap harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes usap antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Sementara itu untuk biaya tes usap antigen sebesar Rp45.000 jika dilakukan di stasiun, menjadi kewajiban pengguna voucher," ujarnya.

Saat pemesanan tiket kereta api, lanjutnya, harus memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas.

Penggunaan NIK ini berlaku bagi pelanggan dewasa ataupun anak-anak untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 calon pelanggan. Hal tersebut dikarenakan KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI.

"Voucher gratis ini kami berikan sebagai penghormatan terbesar KAI kepada mereka yang sudah melayani sepenuh hati," tutur Aida.
Baca juga: KAI Palembang operasikan tiga unit kereta api rute jarak jauh