Fitch: Pembayaran rubel Rusia untuk kupon dolar akan jadi "default"

id kupon Rusia,gagal bayar,bligasi Rusia,pemeringkat Fitch

Fitch: Pembayaran  rubel Rusia untuk kupon dolar akan jadi "default"

Koin Rubel Rusia terlihat di depan uang kertas Dolar AS yang ditampilkan dalam ilustrasi yang diambil, 24 Februari 2022. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi

New York (ANTARA) - Lembaga pemeringkat kredit Fitch mengatakan pada Selasa (15/3/2022) bahwa jika Rusia membuat dua pembayaran kupon obligasi dolar AS yang jatuh tempo pada Rabu dalam rubel, itu akan merupakan default atau gagal bayar surat utang negara setelah masa tenggang berakhir.

Invasi Rusia ke Ukraina bulan lalu memicu sanksi dari seluruh dunia yang membatasi kemampuan Moskow untuk mengakses dan mengalokasikan uang tunai.

"Pembayaran dalam mata uang lokal kupon Eurobond dolar AS Rusia yang jatuh tempo pada 16 Maret akan, jika itu terjadi, merupakan gagal bayar utang negara, pada berakhirnya masa tenggang 30 hari," kata Fitch dalam sebuah pernyataan.

Rusia akan melakukan dua pembayaran kupon mata uang keras hampir 117 juta dolar AS pada Rabu.

P
Dalam hal pembayaran dalam rubel, Fitch mengatakan, peringkat pada kedua obligasi akan diturunkan menjadi 'D' setelah masa tenggang berakhir, sementara peringkat mata uang asing jangka panjang Rusia akan ditetapkan pada 'Restricted Default'.

Fitch mengatakan peringkat mata uang lokal 'C' konsisten dengan kegagalan Rusia untuk memberi kredit kepada investor asing dengan kupon obligasi mata uang lokal yang jatuh tempo pada 2 Maret.

"Kami memahami bahwa Kementerian Keuangan Rusia melakukan pembayaran kupon ini pada OFZ 2024 ke National Settlement Depository, tetapi mereka tidak dibayarkan kepada investor asing karena pembatasan Bank Sentral Rusia," kata Fitch.

"Ini akan menjadi gagal bayar jika tidak disembuhkan dalam waktu 30 hari sejak pembayaran jatuh tempo."

Fitch mengatakan pihaknya menerapkan masa tenggang 30 hari dalam obligasi lokal, yang dikenal sebagai OFZ, sekalipun hal itu tidak dirinci dalam dokumen obligasi.