Tingkatkan kemandirian pangan, Pemkab Banyuasin dorong warga tanam buah

id banyuasin,kemandirian pangan,tanam buah,sumsel,sumatera selatan

Tingkatkan kemandirian pangan, Pemkab Banyuasin dorong warga tanam buah

Bupati Banyuasin Askolani menyerahkan bibit buah alpukat ke warga Kelurahan Seterio, Banyuasin, Sumatera Selatan. (ANTARA/HO-Pemkab Banyuasin)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, mendorong warganya menanam buah dalam program Gerakan Pulauan Bueh untuk meningkatkan kemandirian pangan keluarga di daerah tersebut.

Bupati Banyuasin Askolani di Pangkalan Balai, Sabtu, mengatakan, pemkab telah membagikan 400 bibit alpukat ke warga Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III yang menjadi lokasi percontohan bekerja sama dengan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) setempat.

"Dulu, nenek moyang kita selalu menanam buah, kita menikmatinya. Tapi sekarang, banyak yang ditebang jadi sekarang kita tumbuhkan lagi tradisi yang baik ini," kata Askolani.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengalokasikan lahan seluas 1,2 juta Hektare (Ha) untuk program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang melibatkan masyarakat setempat, yang salah satu kegiatannya Gerakan Pulauan Bueh.

Program ini mengajak masyarakat memanfaatkan lahan perkarangan untuk ditanami sayur mayur, buah-buahan dan tanaman obat-obatan sehingga setiap keluarga diharapkan dapat menyediakan sendiri kebutuhan pangannya.

“Sejauh ini dari 1,2 juta Ha sudah ada 240.000 Ha yang sudah ditanami yang tersebar di 21 Kecamatan,” kata Askolani.

Sejauh ini terkait kemandirian pangan, Banyuasin telah memiliki Gerakan Memelihara Ternak Unggas (Gemar Tugas), Gerakan Pengembangan Perikanan Rakyat (Gerbang Perak) Gerakan Pengembangan Tanaman Obat, Rempah dan Umbi-umbian (Gerbang Tobaru) dan Gerakan Tanam Buah (Pulauan Bueh).

Sebagai implementasinya, Banyuasin sudah memiliki Kampung Tangguh di Seterio yang melaksanakan program mandiri pangan tersebut.

Oleh karena itu, ujar dia, dalam program yang dijalankan di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel tersebut, Pemkab Banyuasin diharapkan agar dapat menjadi lokasi percontohan.

Salah seorang warga Kelurahan Seterio, Alzuhri yang menerima bibit buah mengatakan dirinya mendukung program Gerakan Pulauan Bueh ini. "Tentu ini sangat bermanfaat untuk pengembangan kawasan hijau dan menciptakan udara segar agar lingkungan masyarakat menjadi sehat dan sejuk," kata dia.