Indonesia raih finalis "Human City Design Awards" 2020 di Korsel

id Human City Design Awards 2020,korsel,dubes umar hadi,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, info sumsel

Indonesia raih finalis "Human City Design Awards" 2020  di Korsel

Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi menghadiri acara penyerahan anugerah yang diselenggarakan oleh Kantor Wali Kota Seoul di Dongdamun Design Plaza. (Antara/ Dokumentasi KBRI Seoul)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia menjadi salah satu finalis Human City Design Award tahun 2020 di mana dari 99 kandidat yang berasal dari 31 negara pada Human City Design Award 2020, Indonesia terpilih sebagai Top Ten Finalist.

“Suatu prestasi yang membanggakan bagi Indonesia untuk menjadi salah satu finalis Human City Design Award tahun 2020. Dari 99 kandidat yang berasal dari 31 negara pada Human City Design Award 2020, Indonesia terpilih sebagai Top Ten Finalist. Rancangan bernama Airborne.bdg karya Ibu Tita Larasati dipandang juri sebagai proyek inovatif yang memanfaatkan daur ulang limbah di kota Bandung,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi dalam keterangan tertulis dari KBRI Seoul yang diterima di Jakarta, Senin.

Duta Besar RI di Seoul menghadiri acara penyerahan Award yang diselenggarakan oleh Kantor Wali Kota Seoul di Dongdamun Design Plaza.
 

“Masuknya Indonesia ke dalam finalis Human City Design Award/HCDA berturut-turut di tahun 2019 dan 2020 merupakan bukti nyata bahwa desain karya generasi muda Indonesia dihargai di kancah internasional,” ungkap Dubes Umar Hadi.

Ia mengharapkan agar generasi muda Indonesia dapat semakin aktif berkarya dalam membuat rancangan yang inovatif dan memiliki nilai jual yang tinggi/sellable dengan mengikuti kompetisi HCDA di tahun-tahun mendatang.

Secara khusus, penjabat Wali Kota Seoul dan CEO Seoul Design Foundation menyampaikan apresiasi kepada Duta Besar RI di Seoul mengenai rancangan kreatif finalis Indonesia. Airborne.bdg terdiri dari beberapa program pengembangan kapasitas masyarakat di daerah Linggawastu. Salah satu program unggulan Airborne.bdg adalah pengembangan produk daur ulang yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya Ibu dan remaja putri.

Indonesia secara spesifik menerima pujian dari berbagai pihak dan media Korsel atas prestasi Indonesia masuk dalam Top Ten Finalists pada tahun 2019 dan 2020. Di tahun 2019, finalis Indonesia diwakili oleh Faris R. Kotahatuhaha dengan desain bertema Floating Salawaku di Ambon, Provinsi Maluku. Untuk ajang kompetisi tahun 2020, finalis lainnya berasal dari Brazil, Italia, Jepang, Korea Selatan, Kolombia, Thailand, Singapura, Perancis.

The Human City Design Award adalah penghargaan desain berskala internasional yang dituanrumahi bersama oleh Pemerintah Kota Seoul dan Seoul Design Foundation. Tujuan penyelenggaraan penghargaan untuk menciptakan ekosistem kota yang berkelanjutan sambil mengidentifikasikan hubungan yang harmonis antara masyarakat, lingkungan hidup dan alam sekitar.