LP3L OKU serahkan temuan sepasang Trenggiling ke BKSDA

id Sepasang Trenggiling, hewan dilindungi, ditemukan warga saat melintas, serahkan ke BKSDA OKU, LP3L OKU

LP3L OKU serahkan temuan sepasang  Trenggiling ke BKSDA

Pencinta lingkungan dari LP3L OKU saat mengamankan dua ekor Trenggiling, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Dampak Lingkungan (LP3L) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan menyerahkan sepasang Trenggiling yang ditemukan warga beberapa waktu lalu ke BKSDA setempat.

"Secepatnya akan kami serahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) OKU," kata Ketua LP3L Ogan Komering Ulu (OKU) Yunizir Djakfar di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan sepasang hewan yang dilindungi tersebut ditemukan oleh Kordrianto, salah seorang warga Baturaja saat melintas di jalan raya wilayah setempat.

Meskipun tahu hewan tersebut bernilai tinggi, Kodrianto tetap menyerahkannya kepada komunitas pecinta lingkungan untuk diteruskan ke BKSDA.

"Kodrianto mengaku sengaja menyerahkannya karena tahu Trenggiling hewan dilindungi. Hewan bernama ilmiah pholidota itu diserahkan ke pecinta lingkungan LP3L OKU," katanya.

Sepasang Trenggiling ini akan segera diserahkan kepada BKSDA OKU, sehingga dapat dilepas ke habitatnya.

"Dua ekor hewan menyusui itu mempunyai berat sekitar 15 kilogram," ucapnya.

Menurut dia, diduga hewan tersebut masuk ke kawasan perkebunan rakyat karena habitatnya terganggu. "Saat ini dua ekor hewan itu masih ada di kami dan selanjutnya akan diserahkan ke BKSDA untuk dilepas ke habitatnya," ujarnya.