Pemkot Palembang pasang internet gratis untuk belajar daring

id Internet gratis Palembang, belajar online, belajar daring, pembelajaran jarak jauh, COVID-19 palembang, wako palembang,berita sumsel, berita palembang

Pemkot Palembang pasang internet gratis untuk  belajar daring

Siswa tampak menikmati internet gratis dari Pemkot Palembang yang diperuntukan program Pembelajaran Jarak Jauh, Kamis (30/7) (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang memasang saluran internet gratis untuk membantu siswa yang kesulitan belajar dengan metode daring selama pandemi COVID-19.

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Kamis, mengatakan pemasangan wifi gratis tersebut untuk mengatasi keluhan orang tua yang kesulitan memenuhi kebutuhan kuota internet untuk belajar daring.

Baca juga: Kemdikbud dan Google sediakan 30GB internet gratis untuk setiap guru

"Kami tahu tidak semua orang tua mampu membeli kuota, fasilitas ini akan memudahkan siswa belajar tanpa harus membeli kuota," ujarnya saat meluncurkan internet gratis bagi siswa di Balai Kantor Camat Ilir Barat I.

Menurutnya, internet gratis Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diperuntukkan mulai jenjang TK, SD dan SMP.

Baca juga: Halodoc gratiskan kuota internet lewat Telkomsel

Tahap pertama pemasangan di Balai Kantor Camat Ilir Barat I telah dilengkapi puluhan kursi dan meja untuk digunakan siswa belajar secara bergantian.

Program itu juga bermaksudkan agar siswa tidak bosan, karena selama tiga bulan terakhir belajar di rumah sehingga kurang efektif dalam mempelajari materi sekolah.

Baca juga: Ada internet gratis dalam aplikasi terbaru Facebook

Namun, program yang diinisiasi Dinas Pendidikan Kota Palembang tersebut hanya diperuntukkan bagi siswa dengan keterbatasan ekonomi.

Ia meminta proses pembelajaran tetap mengutamakan protokol kesehatan, penggunaan masker dan mencuci tangan, sebab kasus konfirmasi positif COVID-19 di Palembang masih terbilang tinggi hingga saat ini.

Baca juga: Desa Pengaringan OKU dapat bantuan program internet desa

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto menambahkan internet gratis akan dipasang di 18 kecamatan bekerja sama dengan perusahaan penyedia jaringan.

"Kami sudah kolaborasi dengan pihak penyedia wifi dan mendata bahwa Palembang setidaknya butuh 54 titik pemancar gratis agar semua siswa dapat menjangkau internet," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Sumsel sediakan layanan gratis internet desa
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar