Desa Pengaringan OKU dapat bantuan program internet desa

id internet desa,bantuan internet,hotspot gratis

Desa Pengaringan OKU  dapat bantuan program internet desa

Ilustrasi Hotspot atau jaringan WiFi gratis (Antara/HO)

Baturaja (ANTARA) - Desa Pengaringan, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada tahun ini mendapat bantuan program internet desa dari pemerintah provinsi setempat melalui pemasangan hotspot secara gratis bagi masyarakat di wilayah itu.

"Hotspot ini rencananya akan dipasang di dua titik yaitu satu di kantor desa kami dan di tempat keramaian lainnya di Desa Pengaringan," kata Kepala Desa Pengaringan, Ogan Komering Ulu (OKU), Adi di Baturaja, Minggu.

Ia menjelaskan, bantuan internet desa ini merupakan program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan PT Icon dalam menyediakan jalur internet desa menggunakan fiber optik yang terintegrasi jaringan listrik PLN.



Setiap desa, kata dia, akan diberikan dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis dengan kecepatan masing-masing 5 Mbps per bulan.

"Termasuk di desa kami yang menerima bantuan internet desa tersebut tahun ini," katanya.

Menurut dia, pemasangan hotspot bantuan dari pemerintah tersebut sangat membantu masyarakat di wilayah itu dalam mengakses jaringan internet secara gratis.

"Hotspot ini selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di desa kami, juga bisa digunakan oleh warga se Kecamatan Semidang Aji dalam mengakses jaringan internet secara gratis," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan informasi Sumsel, Achmad Rizwan sebelumnya menyampaikan bahwa tidak semua desa di setiap kabupaten mendapat bantuan internet tersebut.

"Ada beberapa perwakilan desa di setiap kabupaten yang mendapat bantuan program internet desa ini. Untuk tahap awal pemasangan kami akan menjaga konektivitasnya agar tetap stabil," ujarnya.