Pemprov Sumsel sediakan layanan gratis internet desa

id Internet, desa, gubernur,jaringan internet desa,pemprov sumsel

Pemprov Sumsel sediakan layanan gratis internet desa

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Humas Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyediakan pelayanan publik berupa layanan internet desa secara gratis dan layanan media berjaringan atau online guna terciptanya layanan publik “Sumsel Maju Untuk Semua”.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melalui Kepala Dinas Kominfo Sumsel, H. Achmad Rizwan saat membuka The 3rd First International Conference 2019 dan Seminar Nasional Aplikasi Teknologi untuk Masyarakat di Palembang, Rabu mengatakan, internet bagi seluruh desa di Sumsel itu untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

"Di Tahun 2019, Pemprov Sumsel memfasilitasi 170 website desa dan 34 internet desa yang tersebar di 17 kabupaten serta kota," katanya.

Adapun tujuan penyediaan fasilitas internet gratis dan website desa gratis di seluruh kabupaten dan kota antara lain untuk menambah wawasan penggunanya, sebagai sarana atau media hiburan, informasi di bidang pemerintahan, pertanian, dan peternakan.

"Namun yang lebih penting lagi dapat mempromosikan potensi desa dengan lebih cepat," ujar dia.

Dia mengatakan program internet ini untuk menyongsong era teknologi 4.0 dimana internet akan menjangkau seluruh masyarakat Sumsel. Selain memudahkan informasi, internet diharapkan menjadi salah satu cara dalam meningkatkan konektivitas antara desa dan kota.

Di samping itu juga, lanjut Kadis, saat ini Pemprov Sumsel memiliki sebuah aplikasi yang disebut Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) yaitu sarana aspirasi & pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses.

Aplikasi itu juga terpadu dengan Kementerian/Lembaga, Pemda, serta BUMN di Indonesia untuk mempermudah pembangunan dan pelayanan publik
.
"Bahkan di akhir tahun 2018 yang lalu Lapor! Sumsel masuk ke dalam Top 25 dari 400 lembaga Kementerian/Pemda/BUMN/BUMD yang ada di Indonesia, dan tahun 2019 terpilih sebagai provinsi percontohan skala Nasional dalam pemanfaatan aplikasi ini," jelasnya.

Dia mengatakan bahwa program layanan publik ini adalah bentuk kepedulian Gubernur Sumsel H. Herman Deru kepada masyarakat guna terciptanya masyarakat sejahtera dan ikut menikmaati kemajuann teknologi khususnya di pedesaan

"Dengan memanfaatkan teknologi yang berupa inovasi sehingga memudahkan segala kebutuhan untuk menciptakan kesejahteraan merata menuju Sumsel Maju Untuk Semua," tambah dia.