Indosat Ooredoo jelajahi kampus cetak talenta digital Indonesia

id indosat,provider,telekomunikasi,telkom

VP-Head of Sales Southern Sumatera Indosat Ooredoo, Mgs. Moh Ali Safitri memberikan sosialisasi Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) didampingi Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Syahroni di Kampus Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Palembang, Kamis (12/9/2019). (ANTARA/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Provider telekomunikasi Indosat Ooredoo menjelajahi sejumlah kampus di Indonesia untuk mencetak talenta digital dengan menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2019.

Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni di Palembang, Kamis, mengatakan, program ini merupakan sumbangsih perusahaan pada peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang digital karena sementara ini jumlah yang tersedia amat sedikit jika dibandingkan kebutuhan.

“Program ini berjalan selama enam bulan, yang dibagi dalam beberapa tingkatan hingga ke tahap ahli. Nantinya, peserta program ini akan mendapatkan sertifikat yang bisa berlaku secara global, atau bisa bekerja di luar Indonesia,” kata dia.

Dalam program ini Indosat akan memilih 100 peserta terbaik yang nantinya akan dipekerjakan di perusahaan.

“Jika berminat ke perusahaan lain, ya tidak masalah. Bahkan kami siap turut menyalurkannya,” kata dia.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2019, Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) tercatat sudah 15.000 peserta  berusia di bawah 29 tahun yang mendaftar tersebar di 20 kota. Jumlah ini melampaui target yakni hanya 10.000 penerima beasiswa coding bersertifikat global, yang rencana kelulusannya akan dilakukan pada Februari 2020.

Program beasiswa belajar coding secara online ini mencakup modul developer Android, Kotlin Android, dan Progressive Web Application, untuk tingkat beginner dan expert. Disediakan juga pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel). Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui idcamp.indosatooredoo.com.

VP-Head of Sales Southern Sumatera Indosat Ooredoo, Mgs Moh Ali Safitri, mengatakan peserta IDCamp  ini didominasi pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65 persen dari total pendaftar.

“Dunia coding semakin diminati oleh peserta bahkan sejak usia siswa SMP, dimana IDCamp menerima peserta dengan pendidikan terakhir SMP/MTS sebanyak 3 persen, SMA/SMK dengan 49 persen, dan perguruan tinggi sebanyak 47 persen dari total peserta,” kata dia.

IDCamp melakukan roadshow di beberapa universitas di seluruh Indonesia yang berisi sharing session dan talkshow mengenai perkembangan industri digital di Indonesia. Pada pekan ini, berturut turut roadshow di lakukan di Universitas Mataram-Nusa Tenggara Barat, Universitas Sumatera Utara-Medan, Universitas Andalas-Padang, dan Universitas Sriwijaya-Palembang. Roadshow akan terus dilanjutkan ke berbagai kampus terkemuka di Indonesia.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar