Kain songket Palembang diminati di luar negeri

id songket, blongsong,palembang,kain songket diminati luar negeri,manila fame 2019,dekranasda sumsel,pkk sumsel,ikm,kerajinan sumsel,kain khas sumsel,son

Kain songket Palembang diminati di luar negeri

Arsip - Sejumlah peragawati memperagakan busana pada malam pembukaan Palembang Food and Fashion Festival di Palembang Indah Mall, Palembang, Sumsel, Jumat (22/2/2019). ANTARA FOTO/Feny Selly/UJ/19

....Yang paling diminati pengunjung selama pameran adalah bantal sofa berbahan blongsong songket karena memang memiliki warna khas dan cantik....
Palembang (ANTARA) - Kain tradisional Sumsel berupa paduan kain blongsong dan songket diminati masyarakat luar negeri karena saat mengikuti Pameran "Manila Fame" 2019 yang digelar di World Trade Center, Manila, Filipina beberapa waktu lalu masyarakat banyak yang membeli.

Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia Deru di Palembang, Jumat mengatakan, selama pameran berlangsung sejumlah transaksi dilakukan booth IKM Palembang-Sumsel  di antaranya dari negara Amerika Serikat, Kanada, Rusia , India, Malaysia dan masyarakat lokal setempat.

“Yang paling diminati pengunjung selama pameran adalah bantal sofa berbahan blongsong songket karena memang memiliki warna khas dan cantik,” jelasnya.

Bukan hanya blongsong, songket, aneka kerajinan dari kain jumputan juga ikut dipamerkan juga diminati pengunjung.

Memang, lanjut dia, pada pameran tersebut Sumsel mengutus Alisha Marsyaa yang merupakan UKM perwakilan Dekranasda Sumsel untuk Indonesia.

Oleh Alisha Marsyaa, kain-kain blongsong dan songket tersebut dipamerkan setelah dimodifikasi terlebih dulu menjadi aneka dekorasi rumah  berupa bantal sofa, bingkai photo, dan kotak tisu.
Gubernur Sumsel Herm,an Deru memperhatikan pembuatan kain songket oleh perajin (dok humas Pemprov)

Menurut dia, pameran itu bertujuan untuk membina industri kerajinan di Sumsel. Selain itu untuk memberikan kesempatan kepada perajin Sumsel  memperluas jaringan pemasaran.

“Ajang ini untuk mengenalkan produk dan design terbaru dari pelaku usaha bagi buyers lokal maupun internasional. Sekaligus memberikan kesempatan kepada pengurus Dekranasda Sumsel, staf Dinas Perindustrian maupun perajin untuk memperluas jejaring kerja terutama dengan industri kerajinan di dunia internasional,” jelas istri Gubernur Sumsel itu.

Dia mengatakan, pameran itu merupakan program kerja Kementerian Koperasi dan UKM. Mereka membuka kesempatan IKM untuk ikut berpartisipasi melalui seleksi terbuka.

Sementara itu, Pameran Manila Fame tahun 2019 tersebut dibuka langsung oleh Menteri Infokom Philipina, Abdulgani Macatom serta Wakil Kedubes Indonesia di Philipina. Tak hanya Ketua Dekransada Sumsel Hj Febrita Lustia Deru, pameran tersebut juga turut dihadiri Wakil Ketua Dekranasada Sumsel Hj Fauziah Mawardi Yahya.

Manila Fame diklaim sebagai pameran design dan gaya hidup paling besar di Pilipina. Manila Fame sendiri dilakukan setiap dua kali dalam setahun yang menampilkan pelaku usaha dengan berbagai keahlian dalam bidang kerajinan tangan, inovasi design pada produk-produk Pilipina.




 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar