Pemkab Muratara bangga TMMD di Nibung aman dan lancar

id program TMMD, Kodim 0406,Bupati Muratara, Syarif Hidayat

Pemkab Muratara bangga TMMD di Nibung aman dan lancar

Penandatanganan berita acara hasil program TMMD ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Muratara, Rabu (27/3/2019). (ANTARA News Sumsel/Rahmat Aizullah/Ang/19)

Musi Rawas Utara, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) bangga program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 Kodim 0406/MLM di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung berjalan aman dan lancar.

"Bangga kita dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, program TMMD ke 104 tahun 2019 di Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung berjalan dengan lancar, aman, dan sukses," kata Bupati Muratara Syarif Hidayat, Rabu.

Atas nama pemerintah dan masyarakat, bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD tersebut.

"Kesuksesan ini berkat kerjasama dan kekompakan antara TNI dan semua pihak yang terlibat," kata dia.

Apalagi masyarakat sangat antusias mengikuti setiap kegiatan dalam TMMD tersebut, baik yang berhubungan dengan sasaran fisik maupun non fisik, kata Bupati

"Tanggapan masyarakat terhadap kegiatan ini cukup baik, hal ini dapat dilihat dari partisipasi dan kehadiran masyarakat cukup banyak pada setiap kegiatan fisik dan non fisik," katanya.

Dijelaskan, sasaran fisik seperti pembangunan jalan penghubung antar desa sepanjang 6,5 kilometer, gorong-gorong di 5 lokasi, pos keamanan lingkungan sebanyak 5 unit, rehab teras musholla, bedah rumah tidak layak huni sebanyak 1 unit, serta pembuatan 1 unit sarana untuk mandi cuci kakus (MCK) beserta 2 unit sumur bor.

Sementara sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat, seperti penyuluhan tentang bela negara, bahaya narkoba, pertanian, kehutanan, kesehatan, hukum, pembinaan mental, serta keamanan dan ketertiban masyarakat.

Untuk diketahui, tema dari kegiatan itu adalah melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 Februari sampai 27 Maret 2019 itu dilaksanakan sebanyak 213 peserta, terdiri atas peserta dari TNI sebanyak 122 orang, Polri sebanyak 12 orang, Pemda Muratara sebanyak 16 orang, dan masyarakat sebanyak 63 orang.

Sementara dukungan anggaran pelaksanaan program TMMD ke 104 tahun 2019 berasal dari Mabes TNI Angkatan Darat sebanyak Rp 360 juta, dan APBD Kabupaten Muratara tahun 2019 sebanyak Rp1 miliar.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan menyampaikan, upacara penutupan TMMD ke 104 tahun 2019 itu sekaligus menandai berakhirnya program TMMD yang dilaksanakan serentak di 50 kabupaten di seluruh Indonesia.

Program TMND ini adalah wujud pengabdian TNI dan lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat Indonesia, kata Pangdam

Pangdam mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi serta sosial budaya.

"Untuk itulah selama TMMD ini para prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat, menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk maju," katanya.

Hadir dalam kegiatan itu Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, S.I.P. M.Hum, Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat, Danrem 044/Gapo, Kolonel Arh Sonny Septiono, Dandim 0406/MLM, Letkol Inf Muhammad A'an Setiawan, Kapolres Musi Rawas, AKBP Suhendro, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Muratara, Lia Mustika Syarif, Kepala Kantor Kemenag Muratara, H Ikhsan Baijuri, sejumlah Kepala OPD, Camat, Kepala Desa, jajaran TNI dan Polri, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan masyarakat sipil lainnya yang turut menyaksikan penutupan TMMD ke 104 tahun 2019.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar