Gubernur minta pemerintah kabupaten tekan angka kemiskinan

id herman deru,gubernus sumsel,berita sumsel,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,Anggaran Pendapatan Belanja Daerah,Forum Sekretaris Daerah Se

Gubernur minta pemerintah kabupaten tekan angka kemiskinan

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk menekan angka kemiskinan karena hingga saat ini masih tinggi.

"Kemiskinana di Sumsel saat ini di atas nasional dan itu harus ditekan," katanya di Palembang, Jumat.

Apalagi, katanya, sekarang ini telah dilantik Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Sumsel. Forum itu memegang peranan penting dalam mengambil kebijakan pembangunan daerah.

Dia mengatakan sekarang ini angka kemiskinan nasional masih berkisar sembilan persen, sedangkan Sumsel harus sama dengan itu.

"Target tersebut apakah bisa tercapai atau belum pada 2019 ini dan itu harus dilihat progres setelah inftrastruktur selesai, ujar dia.

Ia mengatakan peran sekda sebagai hal yang menentukan dalam membantu kepala daerah mengambil kebijakan, termasuk untuk menekan angka kemiskinan.

Biasanya, kata dia, sebelum kebijakan itu diputuskan, kepala daerah akan berdiskusi dengan sekda.

"Kontribusi pemikiran itu di atas 60 persen itu akan diikuti oleh kepala daerah," ujar dia.

Oleh karena itu, Gubernur Herman menyarankan kepada para sekda kabupaten dan kota untuk mengajak bupati serta wali kota mengatur anggaran yang fokus menekan angka kemiskinan untuk menggapai kesejahteraan.

Dia mengatakan hal itu berarti pembangunan harus menyentuh kehidupan masyarakat sehingga angka kemiskinan dapat dikurangi.

"Jadi apapun pernak-pernik yang mau dibangun, kebijakan tetap arahnya satu yakni kesejahteraan rakyat," katanya

Namun, katanya, bila pada akhir 2019, berdasarkan disurvei, ternyata kemiskinan di salah satu kabupaten atau kota tidak turun, ke depan pihaknya akan mengoreksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur yang targetnya selesai pada akhir 2019, mudah-mudahan berdampak terhadap percepatan penurunan angka kemiskinan.

Dalam susunan Forsesdasi Sumsel tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru sebagai pengawas Komwil Forsesdasi Wilayah Sumsel bersama Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar, dan bupati serta wali kota, sedangkan Ketua Komwil Forsesdasi Sumsel dijabat Sekda Kabupaten Ogan Komering Ulu Ahcmad Tarmizi.